Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hujan Guyur Jakarta, Katulampa Siaga 3

Hujan mengguyur wilayah Jakarta malam ini, Jumat (7/2/2020) pukul 20.15 WIB. Sementara itu, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa dilaporkan mengalami kenaikan dan berada pada status siaga 3 hingga pukul 18.20 WIB.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  20:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan mengguyur wilayah Jakarta malam ini, Jumat (7/2/2020) pukul 20.15 WIB. Sementara itu, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa dilaporkan mengalami kenaikan dan berada pada status siaga 3 hingga pukul 18.20 WIB.

Berdasarkan info kronologi kenaikan Bendung Katulampa, dikutip BMKG dari BPBD PROVINSI DKI JAKARTA, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melaporkan pada 17.00 WIB, tinggi muka air (TMA) Katulampa berada di angka 40 cm saat cuaca gerimis (Status Normal/Siaga 4).

Selanjutnya, pukul 18.00 WIB, TMA 70 cm/Gerimis (Normal/Siaga 4), dan pukul 18.20 WIB, TMA 90 cm/Gerimis (Waspada/Siaga 3).

Air dari Katulampa diperkirakan akan sampai di Pintu Air Manggarai dalam waktu 6 hingga 9 jam. Adapun wilayah yang akan dilalu air dari Katulampa adalah: 

  • Srengseng Sawah
  • Rawajati
  • Pengadegan
  • Cikoko
  • Pejaten Timur
  • Kebon Baru
  • Bukit Duri
  • Balekambang
  • Cililitan
  • Cawang
  • Bidara Cina
  • Kampung Melayu
  • Manggarai

Pihak BPBD DKI sudah menyebarkan informasi tersebut kepada Lurah serta warga yang tinggal di bantaran kali melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, juga diinformasikan melalui Website.

Penyebaran informasi juga dilakukan melalui Peringatan Dini Disaster Early Warning System (DEWS).

Pemberitahuan juga disampaikan kepada Camat dan Lurah melalui Group Whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Sementara dalam info terkini peringatan dini BMKG disebutkan cuaca Jabodetabek (7/2/2020) pukul 19.40 WIB, disebutkan ada potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 20.10 WIB.

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami huja adalah Kosambi, Penjaringan, Cipondoh, Curug, Jati Uwung, Ciputat, Serpong, Kembangan, Cengkareng, Ciledug, Pondok Aren, Kalideres, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Palmerah, Pamulang, Jasinga, Tenjo, Parungpanjang, Legok, Gunung Sindur dan sekitarnya.

Hujan dapat meluas ke wilayah Cikupa, Tangerang, Batuceper, Benda, Tambora, Pademangan, Tamansari, Sawah Besar, Tanjung Priok, Cempaka Putih, Kemayoran, Johar Baru, Senen, Gambir, Tanah Abang, Menteng, Pulo Gadung, Kelapa Gading, Koja, Cilingcing, Duren Sawit, Cakung, Matraman, Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru, Cilandak.

Hujan juga bisa meluas ke Sawangan, Limo, Pancoran, Pasar Minggu, Jaga Karsa, Kramat Jati, Jatinegara, Makasar, Pasar Rebo, Cimanggis, Pancoranmas, Beji, Sukmajaya, Semplak, Bojonggede, Cibinong,

Di wilayah Bogor hujan berpotensi terjadi di Cigudeg, Nanggung, Leuwiliang, Cibungbulang, Ciampea, Dramaga, Rumpin, Parung, Ciomas, Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sereal, Kedunghalang, Bogor Tengah, Bogor Timur, Ciawi, Cijeruk, Bogor Selatan, Citeureup.

Potensi hujan juga dapat terjadi di Bekasi Barat, Tarumajaya, Jatiasih, Pondok Gede, Cipayung, Ciracas, Caringin, Megamendung, Cisarua, dan sekitarnya.

Kondisi tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 22.30 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cuaca jakarta

Sumber : BMKG

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top