Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KSB Indonesia Dukung Program untuk Cegah Virus Covid-19 dengan Revitalisasi MCK

KSB Indonesia Peduli, merevitalisasi sarana MCK guna meningkatkan kuantitas ketersediaan air bersih dan penyediaan sarana sanitasi di kawasan Kali Krukut, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat yang diharapkan berdampak optimal bagi masyarakat di kawasan tersebut.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  19:00 WIB
Presdir KSB Indonesia Philippe Olivier mereviltalisasi sarana MCK di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. - Istimewa
Presdir KSB Indonesia Philippe Olivier mereviltalisasi sarana MCK di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Air Sedunia 2020 yang bertema Water and Climate Change, KSB Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), KSB Indonesia Peduli, merevitalisasi sarana MCK guna meningkatkan kuantitas ketersediaan air bersih dan penyediaan sarana sanitasi di kawasan Kali Krukut, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat yang diharapkan berdampak optimal bagi masyarakat di kawasan tersebut.

Program ini juga merupakan salah satu komitmen KSB Indonesia untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

KSB Indonesia, sebagai produsen pompa dan valve dari Jerman, juga penyedia layanan purna jual, merevitaliasi sistem perpompaan dan distribusi air bersih di dua lokasi termasuk sanitasi di fasilitas Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK) di kawasan Kali Krukut dengan rata-rata pengguna sampai dengan 50 orang di RT 13/ RW 3 setiap harinya. Tidak hanya digunakan oleh masyarakat sekitar, sarana MCK ini juga dinikmati oleh khalayak umum. Di lokasi 2, RT 13/RW 02, pengguna fasilitas MCK adalah 38 KK dengan rata-rata pengguna per harinya lebih dari 100 orang.

"Harapan kami, revitalisasi MCK menjadi solusi agar kawasan ini memiliki lebih banyak air bersih dan sanitasi yang layak. Hal ini merupakan salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi," ujar Philippe Olivier, dalam keterangan resminya Senin (30/3/2020).

“Menjadi bagian dari komitmen KSB Indonesia untuk mengurangi dampak dari bahaya climate change, seperti kepedulian terhadap sanitasi. Penyediaan sarana septic tank Bio PAL dari PAL Jaya yang ramah lingkungan melalui sterilisasi bakteri, diharapkan dapat meminimalisasi dampak negatif dari air limbah di lingkungan pemukiman warga sekitar wilayah MCK. Sebelumnya, pembuangan tinja dari MCK langsung ke Kali Krukut tanpa melalui septic tank,’ lanjutnya.

Fasilitas MCK diserah terimakan oleh Philippe Olivier, Presiden Direktur KSB Indonesia, didampingi Subekti, Ketua FORKALIM, dan Risma mewakili PERPAMSI yang diserahkan kepada kedua ketua RT setempat.

Melalui revitalisasi fasilitas MCK di kelurahan Karet Tengsin ini, diharapkan masyarakat sadar dan mawas diri akan kesehatan pribadi dan orang lain dengan semakin sering mencuci tangan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 yang makin meluas khususnya di Jakarta.

Program revitalisasi MCK ini didukung sepenuhnya oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (PERPAMSI) dan Forum Komunikasi Operator Air Limbah Nasional (FORKALIM) yang juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ketersediaan air bersih dan sanitasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top