Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anies Sebut Ada Potensi Gelombang Kedua Puncak Covid-19 dan PSBB Diperpanjang

Anies Baswedan mengingatkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid III akan menentukan nasib DKI Jakarta.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 22 Mei 2020  |  19:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid III akan menentukan nasib DKI Jakarta.

"Risiko masih tinggi dan potensi terjadinya gelombang kedua Covid-19  masih tetap ada," ungkapnya dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Menurutnya, kedisiplinan, sikap, dan perilaku seluruh elemen masyarakat untuk tetap berada di rumah, terlebih menjelang lebaran, saat lebaran, dan hari-hari setelah lebaran merupakan kunci pencegahan penularan.

Pasalnya, Anies mengaku evaluasi yang telah dilakukan jajarannya menggambarkan bahwa masyarakat mulai melakukan mobilitas menjelang lebaran ini, terutama untuk berbelanja persiapan Idulfitri 1441 H yang akan berlangsung dua hari ke depan.

"Apakah akan memasuki fase transisi menuju normal baru di ibu kota atau bila kita tidak disiplin, kita longgar, maka dua pekan ke depan ini dengan terpaksa akan diteruskan pengetatannya karena risiko penularan meningkat," jelasnya.

Oleh sebab itu, Anies menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk terus mengawasi masjid-masjid, agar menyambut Idulfitri dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19.

Serta mendorong jajaran untuk mengawasi arus mobilitas masyarakat, terutama yang dari atau menuju luar kota.

Anies pun menekankan agar warga Jakarta yang masih belum keluar, tetap tak melakukan mudik, pasalnya pembatasan akan berlaku secara ketat bagi para pemudik yang nantinya akan kembali ke Jakarta.

"Mengenai mudik, pembatasan dilakukan. Bila terjadi arus mudik dan arus balik, potensi terjadinya gelombang kedua sangat besar," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top