Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kepatuhan PSBB Jilid II Relatif Baik, Wagub DKI : Kontribusi Pemda 20 Persen

Ariza mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat sudah mulai membaik.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 23 September 2020  |  12:47 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi
Wagub DKI Ahmad Riza Patria - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kontribusi pemerintah daerah hanya sebesar 20 persen bagi keberhasilan penanganan pandemi Covid-19.

Sisanya, dibutuhkan peran serta masyarakat untuk mendukung upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covd-19.

“Betapa pun banyaknya aparat yang kita hadirkan betapa pun beratnya sanksi yang kita kenakan hanya berkontribusi 20 persen terhadap keberhasilan. 80 persennya, menurut para pakar terletak pada kepatuhan kedisiplinan, dan ketaatan warga,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (23/9/2020).

Kendati demikian, Ariza mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat sudah mulai membaik ihwal ketertiban penerapan protokol kesehatan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid kedua.

“Kita tahu bahwa klaster perkantoran meningkat dalam satu bulan terakir ini. Kami, pak gubernur dan seluruh jajaran, Kapolda, Pangdam, kerja tim melakukan inspeksi, sidak dan lain-lain. Kita melihat ada peningkatan disiplin lebih baik di masa PSBB ini,” ujarnya.

Survei Social Resilience Lab Nanyang Technological University (NTU) bersama Lapor Covid-19 menunjukkan bahwa dukungan publik DKI Jakarta terhadap penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid kedua relatif kuat.

Pakar Sosiologi Bencana dari NTU Sulfikar Amir mengatakan hal itu dilihat dari nilai CovidMood Map warga DKI Jakarta terhadap PSBB jilid kedua terbilang tinggi yakni dengan skor 6,9.

“Kita bisa lihat dari data kalibrasi pada level kelurahan, kecuali satu kelurahan, semua kelurahan itu berada di kuadran optimistis,” kata Sulfikar dalam diskusi daring yang diunggah oleh akun YouTube Lapor Covid-19 pada Kamis (17/9/2020).

Artinya, jika masyarakat DKI Jakarta diberikan tekanan kebijakan terkait penegakkan PSBB, maka bakal relatif mendapat dukungan tanpa resistensi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top