Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Banjir Jakarta, Menko Luhut Siapkan Taktik Militer

TFG dilakukan untuk memperkuat sinergisitas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah menghadapi potensi banjir akibat fenomena La Nina di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan/Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama sejumlah pihak terkait lainnya menyelenggarakan Tactical Floor Game dalam menghadapi potensi banjir pada tahun 2020 - 2021 di Jakarta.

Kegiatan simulasi Tactical Floor Game (TFG) berlangsung Senin (30/11/2020).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyampaikan bahwa TFG dilakukan untuk memperkuat sinergisitas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah menghadapi potensi banjir akibat fenomena La Nina di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Tactical Floor Game adalah taktik militer yang bisa kita terapkan untuk dapat berkoordinasi terkait peran dari setiap pihak selama masa antisipasi perkiraan bencana banjir di DKI Jakarta mendatang,” ujarnya dalam pernyataan resmi, Senin (30/11/2020).

TFG dilakukan untuk memperjelas peran dari setiap kementerian dan lembaga agar dapat memaksimalkan sumber dayanya dalam antisipasi dan pembuatan strategi untuk perkiraan bencana banjir.

Becermin dari musibah banjir yang melanda DKI Jakarta pada tahun ini yang menimbulkan jumlah pengungsi sebesar 36.445 jiwa dan kerugian ekonomi tidak sedikit, Menko Luhut menilai persiapan yang matang diperlukan agar kejadian serupa tidak terulang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan melakukan laporan real time terkait kondisi hujan kepada seluruh kementerian dan lembaga terkait. Hal itu akan menjadi peringatan untuk siap siaga menjalankan strategi terhadap pergerakan air dalam bencana banjir.

Selain melakukan visualisasi terhadap perkiraan pergerakan air ketika bencana banjir terjadi, di dalam TFG juga dilakukan simulasi terkait pengungsian yang disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Diharapkan kita tidak akan menimbulkan klaster baru dari adanya gelombang pengungsian. Sehingga perlu ditekankan bahwa setiap masyarakat harus saling jaga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” imbuh Luhut.

Adapun, dalam penyelenggaraan TFG, Kemenko Marves melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), seluruh Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta pemerintah daerah terkait lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper