Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Hujan Lebat, Warga Ibu Kota Dimbau Waspadai Banjir dan Longsor

Hujan lebat itu dikhawatirkan dapat memicu bencana banjir dan longsor di wilayah Ibu Kota Jakarta.
Perumahan di sekitar Kali Ciliwung Jakarta./Istimewa
Perumahan di sekitar Kali Ciliwung Jakarta./Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk tetap waspada ihwal potensi hujan lebat di wilayah DKI Jakarta pada Malam Tahun Baru 2021. 
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan hujan lebat itu dikhawatirkan dapat memicu bencana banjir dan longsor di wilayah Ibu Kota. 
“BNPB memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada dalam menghadapi potensi cuaca yang dapat memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor,” kata Jati melalui keterangan tertulis pada Kamis (31/12/2020).
Jati membeberkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca yang menujukkan adanya potensi hujan lebat di wilayah DKI Jakarta pada malam pergantian tahun baru 2021. 
“BMKG menyatakan bahwa potensi cuaca yang sama juga dapat meluas ke wilayah kota penyangga Ibu Kota seperti Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi,” imbuhnya. 
Adapun rincian wilayah yang dapat mengalami hujan lebat tersebut meliputi wilayah Menteng dan Tanah Abang di Jakarta Pusat, Kebon Jeruk dan Kembangan di Jakarta Barat, Tangerang, Cibodas, Karawaci, Pinang dan Karang Tengah di Kota Tangerang dan Tigaraksa, Curug, Cikupa, Panongan, Kelapa Dua dan sekitarnya di Kabupaten Tangerang.
Kemudian untuk perluasannya meliputi wilayah Pulogadung, Jatinegara, Cakung, Matraman, Kramat Jati, Duren Sawit dan Makasar di Jakarta Timur, Kelapa Gading di Jakarta Utara dan Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Pesanggrahan di Jakarta Selatan.
Selanjutnya wilayah Pondok Gede di Bekasi dan Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur dan sekitarnya di Tangerang Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper