Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

90 Persen Nakes Kab. Bekasi Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Vaksinasi tahap kedua bagi petugas layanan publik dan tenaga kesehatan yang belum divaksin akan dilakukan bertahap. Hal itu disesuaikan dengan jumlah dosis vaksin awal yang diterima Kabupaten Bekasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  08:46 WIB
Ilustrasi - Suasana vaksinasi di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). - Antara/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi - Suasana vaksinasi di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, CIKARANG - Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi yang telah mendapat vaksinasi Covid-19 kian mendekati 100 persen.

Berdasar catatan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, sudah 90 persen tenaga kesehatan menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Ditargetkan, akhir pekan ini vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bisa selesai 100 persen.

"Dari total 10.418 tenaga medis mayoritas sudah disuntik vaksin dosis kedua, tinggal 10 persen saja, hari ini mudah-mudahan selesai semua," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, Jumat (26/2/2021).

Alamsyah mengatakan setelah seluruh tenaga kesehatan menerima suntikan vaksin, pihaknya berencana melakukan vaksinasi tahap kedua bagi para petugas pelayanan publik.

"Vaksinasi untuk pelayan publik nanti rencananya digabung dengan 5.000-an nakes yang belum divaksin karena kekurangan suplai vaksin saat distribusi awal," ucapnya.

Pemerintah daerah, kata dia, sudah mengajukan 468.000 dosis bagi 234.000 petugas pelayanan publik yang akan menjalani vaksinasi tahap kedua pada awal pekan depan.

Vaksinasi tahap kedua bagi petugas layanan publik dan tenaga kesehatan yang belum divaksin akan dilakukan bertahap. Hal itu disesuaikan dengan jumlah dosis vaksin awal yang diterima Kabupaten Bekasi.

"Kami menunggu distribusi vaksin dari Jawa Barat. Rencananya di pelaksanaan pertama diberikan untuk 22.815 petugas pelayanan publik, sesuai informasi dosis vaksin awal yang akan diterima kami," katanya.

Alamsyah mengaku tempat penyimpanan khusus vaksin Sinovac di UPTD Farmasi Dinas Kesehatan yang ada di Kecamatan Tambun Selatan tidak mampu menampung keseluruhan dosis vaksin untuk petugas pelayanan publik.

"Makanya distribusi vaksin ini akan dilakukan per termin, bertahap ya karena jumlahnya jauh lebih banyak dibanding vaksin untuk tenaga kesehatan mengingat sasaran vaksin juga lebih luas," ungkapnya.

Vaksinasi tahap kedua pekan depan rencananya diberikan kepada anggota kepolisian dan TNI, aparatur sipil negara, tenaga pendidik, petugas pemadam kebakaran, Satpol PP, hingga pedagang pasar.

Pihaknya telah menyiapkan lokasi vaksinasi yang terpusat di Stadion Wibawa Mukti di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Selain itu sejumlah fasilitas kesehatan ditunjuk sebagai lokasi vaksinasi petugas pelayanan publik ini.

"Juga di masing-masing kantor tempat mereka berdinas, ada juga yang di sekolah-sekolah dengan sasaran tenaga pendidik dan para pedagang pasar," kata dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bekasi Covid-19 Vaksin Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top