Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MRT Gandeng Startup untuk Kelola Sampah Plastik

Sampah yang berbentuk sampah plastik maupun anorganik, dapat disetorkan melalui Waste Station Rekosistem yang terletak di stasiun Stasiun MRT Blok M BCA.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  02:51 WIB
Demi menjaga kenyamanan seluruh pengguna MRT Jakarta, pengguna sepeda nonlipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00--09.00 WIB dan 17.00--19.00 WIB), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan.  - Antara
Demi menjaga kenyamanan seluruh pengguna MRT Jakarta, pengguna sepeda nonlipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00--09.00 WIB dan 17.00--19.00 WIB), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka mengisi kegiatan pada saat libur Idul Fitri 2021, PT MRT Jakarta (Perseroda) mengajak masyarakat yang memiliki sampah yang menumpuk di rumah untuk didaur ulang.

Sampah yang berbentuk sampah plastik maupun anorganik, dapat disetorkan melalui Waste Station Rekosistem yang terletak di stasiun Stasiun MRT Blok M BCA.

Sekadar informasi, Rekosistem merupakan perusahaan startup pengelolaan sampah yang bertanggung jawab yang berdiri sejak 2018. Startup tersebut juga merupakan lulusan program MRT Jakarta Accelerator (MRTJ Accel) bersama 9 startup lain.

Rekosistem berkolaborasi dengan MRT Jakarta hadir untuk memperbarui ekosistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan yang ada di masyarakat melalui solusi berbasis teknologi dan ramah lingkungan.

Nantinya, sampah yang diterima akan dipilah, kemudian didistribusikan ke mitra pengolahan sampah untuk diolah menjadi pakan ternak, pupuk, dan biogas. Sementara sampah anorganik akan menjadi material daur ulang dan energi terbarukan. Sedangkan untuk sampah residu akan menjadi biopestisida.

Penyetoran sampah juga dapat dilakukan melalui Rebox, yaitu IoT Reverse Vending Machine untuk pengumpulan sampah kemasan plastik dari minuman, yang terdapat di stasiun MRT Blok M BCA.

Pengguna individu yang berpartisipasi dalam penyetoran sampah melalui waste station dan rebox akan mendapatkan poin dalam bentuk uang digital yang terdapat pada aplikasi Rekosistem.

Selain itu, Rekosistem menyediakan Repickup yaitu jasa pengangkutan sampah bertanggung jawab untuk gedung komersial, tempat publik, dan rumah melalui aplikasi Rekosistem.

Sekadar informasi, putaran baru pencarian startup MRTJ Accel telah kembali digelar sejak Maret 2021, untuk menjaring kolaborasi dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam mengembangkan bisnis baru, baik dalam bentuk produk, maupun jasa atau layanan, atau dampak sosial terhadap pengguna jasa MRT Jakarta maupun operasionalnya.

Pengembangan tersebut akan berkontribusi terhadap ekosistem MRT Jakarta, termasuk kereta, stasiun hingga kawasan transit (transit oriented development) di sekitarnya.

Program ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, menciptakan peluang bisnis baru, khususnya nontiket melalui kolaborasi, dan menawarkan pengalaman baru bagi masyarakat luas, khususnya pengguna jasa MRT Jakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt sampah proyek mrt StartUp
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top