Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik! Semua Merek Vaksin Covid-19 Tersedia di Sentra Vaksinasi di Jakarta

Pfizer tersedia untuk peserta dosis pertama bagi peserta usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil. Moderna hanya untuk ibu hamil dan peserta di atas 18 tahun.
Vaksinasi ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta./Instagram @aniesbaswedan
Vaksinasi ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta./Instagram @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan bahwa saat ini ragam merek vaksin Covid-19 telah tersedia di fasilitas kesehatan (faskes) dan sentra vaksinasi di DKI Jakarta.

Dikutip melalui Instagram resmi @dkijakarta, Pemprov DKI Jakarta menuliskan bahwa vaksin Covid-19 jenis Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna sudah tersedia secara bersamaan di fasilitas kesehatan dan sentra vaksinasi di DKI Jakarta.

Adapun, merek vaksin lainnya, yaitu Sinovac dan AstraZeneca untuk kuota dosis kedua akan ditambah 250 orang per hari per kecamatan.

“Saat ini, menunda vaksinasi sama dengan meningkatkan risiko terpapar virus dan terkena dampak lebih parah. Jadi, yuk #vaksindulu! Vaksin terbaik adalah vaksin yang  tersedia dan dapat kita akses,” tulisnya seperti dikutip Bisnis, Selasa (21/9/2021).

Lebih lanjut, untuk layanan Pfizer hanya tersedia bagi masyarakat warga yang berdomisili dan memiliki KTP DKI Jakarta. Sedangkan, untuk Warga Negara Indonesia (WNI) non-Jakarta hanya dilayani di Rumah Sakit (RS) milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan faskes naungannya, serta faskes milik TNI/Polri.

Sementara itu, untuk layanan vaksin Moderna ditujukan bagi WNI yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, untuk target Pfizer tersedia untuk peserta dosis pertama bagi peserta usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil. Sedangkan, Moderna hanya untuk ibu hamil dan peserta di atas 18 tahun yang terbuka untuk dosis pertama.

Peserta vaksin yang memiliki immunocompromised seperti penyakit komorbid berat, penyakit autoimun, pasien dalam terapi imunosupresan harus melakukan vaksinasi sesuai dengan rekomendasi dokter.

Selain itu, Pemprov DKI pun menuliskan untuk mempercepat program vaksinasi, puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akan turut dibuka pada hari libur, Sabtu dan Minggu dengan pilihan jam bervariasi termasuk sore dan malam hari.

Masyarakat dapat melakukan vaksinasi dengan mendaftarkan diri secara daring melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini) yang dilengkapi cara mengecek jadwal vaksinasi bagi yang sudah mendaftar.

“Segera daftarkan vaksinasimu di JAKI. Sila cek terlebih dahulu kuota yang tersedia melalui http://qrco.de/kuotavaksinjaki,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper