Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MRT Jakarta Luncurkan Fasilitas Digital untuk Penyandang Disabilitas

DINA merupakan fasilitas komunikasi di stasiun MRT Jakarta yang dapat digunakan oleh seluruh penumpang guna mengurangi kontak fisik serta ramah bagi penyandang disabilitas.
Stasiun MRT di Jakarta./Instagram @mrtjkt
Stasiun MRT di Jakarta./Instagram @mrtjkt

Bisnis.com, JAKARTA - PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan fasilitas Digital Intelligent Assistant (DINA) untuk penyandang disabilitas yang ada di Ibu Kota.  

Peluncuran DINA atau Layanan Cerdas Ramah Disabilitas dilakukan di Stasiun MRT Bundaran HI dan dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta Riyadi. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan adanya inisatif DINA menunjukkan komitmen operator transportasi publik di Jakarta dalam menciptakan kenyamanan bagi penumpang, khususnya untuk penumpang berkebutuhan khusus. 

“Ini selalu menjadi prioritas kami, bila empat unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan ini terfasilitasi, maka InsyaAllah elemen rakyat yang lain juga pasti terfasilitasi," kata Anies dalam siaran pers, Jumat (3/12/2021). 

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menjelaskan bahwa DINA merupakan inisiatif karyawan MRT Jakarta dari beberapa unit kerja. 

Menurutnya, DINA merupakan fasilitas komunikasi di stasiun MRT Jakarta yang dapat digunakan oleh seluruh penumpang guna mengurangi kontak fisik serta dapat membantu penumpang dalam kondisi darurat apabila membutuhkan bantuan petugas.

DINA dapat mengakomodir komunikasi dua arah yang dapat menghubungkan antara pengguna dengan petugas di Stasiun MRT Jakarta dalam bentuk audio maupun visual serta dilengkapi dengan fitur pesan tertulis. 

"Dengan alat ini, teman tuli dapat menggunakan fitur teks yang tersedia maupun fitur teks bebas untuk menanyakan informasi khusus dan untuk teman tuna netra dapat berbicara langsung dengan menekan tombol call braille untuk berkomunikasi dengan petugas di stasiun," ujarnya. 

Secara desain dimensi, lanjutnya, DINA dapat menyesuaikan dengan posisi pengguna kursi roda. Fasilitas tersebut dapat memberikan beragam informasi terkait jadwal keberangkatan, petunjuk arah & lokasi, laporan atau keluhan, serta bantuan kehadiran petugas.

William mengatakan DINA telah tersedia di Stasiun Bundaran HI, Blok M BCA, dan Lebak Bulus Grab untuk saat ini. 

"Ke depannya, akan kami hadirkan di seluruh stasiun MRT Jakarta,” kata William. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper