Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demo Buruh di Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan, Polri Terjunkan 800 Personel

Sebanyak 800 personel dari kepolisian diterjunkan untuk membantu mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar kalangan buruh di Kantor Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan.
Setyo Puji Santoso
Setyo Puji Santoso - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  14:33 WIB
Apel pengamanan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. - Antara
Apel pengamanan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022).

Aksi tersebut dilakukan untuk merespons kebijakan tentang Jaminan Hari Tua (JHT) yang baru bisa dicairkan 100 persen saat berusia 56 tahun.

Untuk mengamankan aksi unjuk rasa tersebut, ratusan personel dari kepolisian diterjunkan di lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat konsentrasi massa.

“Untuk jumlah personel yang kami siapkan itu ada kurang lebih sekitar 800 personil yang kami bagi di dua lokasi, yakni di lokasi di Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Kapolres Metro Jaksel Budhi Herdi Susianto dalam keterangannya, Rabu (16/2/2022).

Personel yang diterjunkan itu terdiri dari satuan setingkat kompi didukung perlengkapan standar pengamanan unjuk rasa.

"Kami dibantu juga teman-teman dari Brimob sebagai pintu atau garda terakhir, tentunya mereka juga sudah disiapkan dengan water cannon dan sebagainya,” tambahnya.

Sebagai informasi, demo buruh kali ini untuk menolak aturan baru mengenai cara dan persyaratan pembayaran manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Demo yang dimotori Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia itu menyuarakan dua tuntuatan yaitu cabut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), dan copot Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buruh demo jht Kemnaker
Editor : Setyo Puji Santoso

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top