Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Soekarno-Hatta Tambah Lokasi Tes PCR untuk PPLN

Bandara Soekarno-Hatta menambah jumlah lokasi tes PCR bagi pelaku perjalanan luar negeri (PLN) sebagai upaya mencegah penumpukan massa.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  09:32 WIB
Tenaga kesehatan melakukan tes PCR kepada calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/12/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Tenaga kesehatan melakukan tes PCR kepada calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/12/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta menambah jumlah lokasi tes PCR bagi pelaku perjalanan luar negeri (PLN) sebagai upaya mencegah penumpukan massa seperti yang terjadi baru-baru ini.

Pada 27 Maret 2022, sempat terjadi antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional yang disebabkan peningkatan PPLN yang tiba khususnya pada pukul 14.00 - 17.00 WIB.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di selasar area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan Bea Cukai.

“AP II dan Satgas Udara Penanganan Covid-19 telah berkoordinasi, mulai 28 Maret terdapat 2 lokasi tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Agus Haryadi, Selasa (29/3/2022).

Dengan penambahan lokasi RT-PCR  di curbside, sambungnya, pihak bandars berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN.

Pihak bandara mengonfirmasi jumlah PPLN yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, khusus untuk PPLN dengan kategori Pelajar, ASN, dan PMI, pengambilan sampel tes RT-PCR dilakukan di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas Covid-19.

Selain penambahan lokasi tes RT-PCR di curbside, tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR juga akan ditambah guna menghindari antrean panjang.

Sebagai informasi, kedatangan PPLN melalui Bandara Soekarno-Hatta saat ini rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya.

Sesuai dengan SE Satgas No. 15/2022 dan SE Kemenhub No. 33/2022, PPLN yang baru tiba di Indonesia wajib menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno hatta PCR
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top