Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Baswedan Ulang Tahun ke-53 Hari Ini, Berikut Kiprahnya di Dunia Politik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berulang tahun pada hari ini, Sabtu (7/5/2022). Anies berulang tahun yang ke-53. Dia lahir pada 7 Mei 1969.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  15:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengantar jenazah Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung di TPU Karet Bivak, Selasa (14/12/2021) sore. - Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengantar jenazah Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung di TPU Karet Bivak, Selasa (14/12/2021) sore. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berulang tahun pada hari ini, Sabtu (7/5/2022). Anies berulang tahun yang ke-53. Dia lahir pada 7 Mei 1969.

“Seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta mengucapkan selamat ulang tahun kepada Gubernur DKI Jakarta, @aniesbaswedan. Semoga senantiasa diberi kesehatan, kebahagiaan, dan kemudahan memimpin kota Jakarta,” tulis akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Unggahan ucapan selamat ulang tahun itu mendapat 370 komentar dan disukai 8 ribu lebih warganet.

Sebelum memimpin Ibu Kota, Anies menggeluti dunia politik setelah dirinya bergabung dalam Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat pada 27 Agustus 2013, di mana pada konvensi ini terbuka untuk kader internal maupun eksternal.

Namun, saat Pemilihan Presiden 2014, mantan Rektor Paramadina itu menyatakan mendukung calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta berperan dalam tim kampanyenya sebagai juru bicara.

Anies menyatakan alasannya mendukung Joko Widodo adalah karena lebih menghadirkan solusi dan terobosan, sedangkan Jusuf Kalla dikenalnya sebagai sosok senior yang memiliki latar belakang dan pengalaman rekam jejak atas kinerjanya.

Joko Widodo dan Jusuf Kalla berhasil memenangkan pemilihan dengan meraih 53,15 persen suara mengalahkan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2014–2016)

Sepak terjang Anies Baswedan di bidang pendidikan dan akademisi membuatnya diberi amanat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Dia menjadi salah satu menteri dari kalangan profesional di kabinet.

Akan tetapi, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melakukan perombakan kabinet yang mengharuskan Anies Baswedan digantikan oleh Muhadjir Effendy, seorang Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

Gubernur DKI

Pada 23 September 2016, Prabowo Subianto mengumumkan bahwa Anies dicalonkan sebagai calon gubernur (cagub) yang disandingkan dengan Sandiaga Uno, pengusaha dan politikus Partai Gerindra sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

Di putaran pertama, Anies-Sandi menduduki peringkat kedua di bawah posisi Basuki-Djarot dengan perolehan 39,95 persen suara.

Ketika putaran kedua Pilkada DKI Jakarta , Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan (kubu Romahurmuziy dan Djan Faridz) yang sempat menjagokan Agus Harimurti Yudhoyono akhirnya memutuskan mendukung Anies-Sandi. Pada babak terakhir pilkada, Anies-Sandi unggul dengan perolehan 57,96 persen suara.

Pemilihan Presiden 2019

Meski sempat digadang-gadang mengajukan diri menjadi calon presiden, Anies memutuskan tidak maju dalam pemilihan presiden 2019 dan tetap kukuh memegang jabatan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta selama masa jabatannya belum selesai.

Namun berbeda dengan pemilihan presiden sebelumnya, pada pilpres tahun 2019 ini, dia mendukung pasangan Prabowo Subianto dan wakilnya di pemerintahan, Sandiaga Uno.

Tetapi, dirinya tidak berpartisipasi sebagai tim kampanye atau relawan dalam pencapresan Prabowo. Kini, nama Anies disebut-sebut sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan gubernur dki Pemilu 2024
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top