Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DKI Jakarta Jadi Pemenang Nasional OPCC 2021-2022

Sebelumnya, Provinsi DKI Jakarta telah memenangkan tiga kali ajang OPCC atau kompetisi perubahan iklim terbesar dunia yakni tahun 2015, 2016, dan 2018
Wahyu Arifin
Wahyu Arifin - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  23:55 WIB
DKI Jakarta Jadi Pemenang Nasional OPCC 2021-2022
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan Tebet Eco Park - Instagram @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta terpilih kembali menjadi pemenang nasional One Planet City Challenge (OPCC) periode 2021-2022 dan berhak dipertimbangkan sebagai salah satu dari dua pemenang global yang akan diumumkan pada Juni 2022.

Sebelumnya, Provinsi DKI Jakarta telah memenangkan tiga kali ajang OPCC di tahun 2015, 2016, dan 2018. OPCC merupakan kompetisi terkait perubahan iklim yang terbesar dan terlama di antara kompetisi-kompetisi serupa lainnya di dunia. 

Selama sepuluh tahun terakhir, hampir 600 kota dari 53 negara dan lima benua telah berpartisipasi. Sekitar 280 kota dari 50 negara, termasuk 24 kota/kabupaten dari Indonesia, mengikuti OPCC 2021-2022 ini dengan mengirimkan data  mengenai ambisi dan aksi iklim melalui platform CDP-ICLEI pada tahun 2021. 

Panitia OPCC mengkaji aksi dan ambisi iklim dari kota-kota tersebut dan menilai apakah selaras dengan tujuan yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris. Panitia OPCC kemudian menetapkan satu hingga tiga finalis dari setiap negara dan dilanjutkan mengikuti Kampanye We Love Cities (WLC) untuk memperebutkan satu pemenang global.

WLC merupakan kompetisi kampanye pelibatan masyarakat yang mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk menyatakan dukungan bagi pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Sebelumnya, 3 kota di Indonesia telah berhasil memenangkan WLC, yakni kota Balikpapan  (2015), kota Bogor (2016) dan Provinsi DKI Jakarta (2018). 

Terkait dengan terpilihnya Jakarta, dewan juri yang terdiri dari pakar perkotaan internasional, terkesan pada upaya penanggulangan perubahan iklim Provinsi DKI Jakarta yang komprehensif. 

“Sejalan dengan perjanjian paris untuk menjaga suhu bumi tidak naik lebih dari 1,5 derajat, maka Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub Nomor 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah karbon Yang Berketahanan Iklim,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/5).

Mendampingi kota Jakarta, kota Balikpapan dan kota Probolinggo juga terpilih sebagai finalis nasional OPCC 2021-2022. Ini merupakan keempat kalinya kota Balikpapan terpilih sebagai finalis. Sedangkan, kota Probolinggo, yang pada tahun ini berhasil masuk sebagai finalis pertama kalinya. 

Habib Hadi Zainal Abidin, Wali Kota Probolinggo mengatakan memiliki inovasi mengonversi limbah menjadi bahan bakar murah dan ramah lingkungan. Sedangkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan kotanya memiliki komitmen dalam mendukung penurunan emisi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. 

Dalam kompetisi OPCC 2021-2022, Indonesia merupakan negara dengan jumlah peserta terbanyak dengan 24 peserta pada periode OPCC 2021-2022. Hal ini merupakan hal yang sangat membanggakan karena menunjukkan kota dan kabupaten di Indonesia yang terus menerus meningkat untuk menanggulangi perubahan iklim.

Beberapa anggota panel juri OPCC 2022 di antaranya Alice Charles Project Lead Cities, Infrastructure and Urban Services Platform WEF; Anthony Nyong, Director Climate Change and Green Growth ADB; Daniel Hoornweg, Associate Dean and Richard Marceau Chair Ontario Tech University.  

Ada juga David Simon, Professor of Development Geography Royal Holloway University of London dan Sameh Wahba, Global Director Disaster Risk Management Resilience and Land Global Practice, World Bank. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov dki jakarta perubahan iklim pembangunan kota hijau berkelanjutan
Editor : Wahyu Arifin

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top