Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi DKI Jakarta Juli 2022 3,5 Persen, Lampaui Level Pra Pandemi

Badan Pusat Statistik mencatat inflasi di DKI Jakarta pada Juli 2022 tembus 3,5 persen (yoy) sudah lampaui level pra pandemi Covid-19
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  14:50 WIB
Inflasi DKI Jakarta Juli 2022 3,5 Persen, Lampaui Level Pra Pandemi
Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta mencatat inflasi tahunan di Ibu Kota pada Juli 2022 tembus 3,5 persen (year-on-year/yoy).

"Di tengah tekanan inflasi dan ekonomi global, inflasi di Jakarta terpantau berlanjut naik pada Juli 2022. Harga sejumlah barang dan jasa tercatat masih terus merangkak naik," tulis BPS DKI Jakarta dalam keterangan resmi, Senin (1/8/2022).

BPS DKI Jakarta menilai kondisi tersebut mendorong inflasi di Jakarta meningkat bahkan melampaui tingkat inflasi sebelum pandemi Covid-19. Pada Juli 2022, BPS mencatat inflasi DKI Jakarta sebesar 0,57 persen atau meningkat 0,25 persen poin dibandingkan bulan sebelumnya.

"Peningkatan inflasi kali ini terutama dipicu oleh naiknya harga cabai merah, bahan bakar rumah tangga, tarif jasa angkutan udara, daging ayam ras, dan biaya sewa rumah," ujar BPS DKI Jakarta.

Selain itu, naiknya harga sejumlah komoditas terkait persiapan masuk sekolah tahun ajaran baru juga turut mendorong inflasi di Jakarta selama bulan Juli 2022.

Sejalan dengan Jakarta, kota-kota penyangga Ibu Kota juga mengalami Inflasi. Di antara kota satelit di sekitar Jakarta, inflasi Jakarta berada di level moderat.

Dua kota mengalami inflasi lebih tinggi dari Jakarta, yaitu Depok 0,71 persen (mtm) dan Bekasi 0,62 persen (mtm). Sementara itu, dua kota lainnya mengalami inflasi lebih rendah yaitu Bogor 0,55 persen (mtm) dan Tanggerang 0,21 persen(mtm).

"Secara nasional, Jakarta berada di urutan ke 54 dari 90 kota yang mengalami inflasi pada Juli 2022," tulis BPS DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS bps dki jakarta Inflasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top