Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Sebut Siap Jadi Capres, Pengamat Mengaku Tak Terkejut

Pengamat Politik Ujang Komarudin menjelaskan bahwa elektabilitas Anies yang tinggi menjadi modal kuat sebagai capres di Pilpres 2024.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 16 September 2022  |  21:32 WIB
Anies Sebut Siap Jadi Capres, Pengamat Mengaku Tak Terkejut
Anies Sebut Siap Jadi Capres, Pengamat Mengaku Tak Terkejut. JIBI - Bisnis/Pernitas Hestin Untari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat Politik Ujang Komarudin mengaku tak terkejut saat mengetahui Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024. Hal itu dapat terlihat dari hasil survei capres yakni elektabilitas Anies termasuk yang tertinggi.

"Itu hal yang biasa dalam politik karena kita tahu bahwa Anies masuk dalam radar survei bahkan masuk dalam tiga besar. Artinya dia punya peluang untuk menjadi capres seandainya ada partai yang mengusungnya," kata Ujang kepada Bisnis, Jumat (16/9/2022).

Selain kerap masuk dalam bursa calon presiden, Ujang melihat potensi Anies Baswedan untuk maju dalam Pemilu 2024. Prestasinya membangun Jakarta dapat menjadi modal kuat untuk terus meningkatkan elektabilitasnya.

"Anies kan sudah bekerja maksimal di Jakarta sana sini, buat JIS [Jakarta International Stadium], Formula E. Buat kebijakan lain yang bagus yang baik," katanya.

Kendati demikian, Ujang pun melihat modal tersebut belumlah cukup. Menurutnya, Anies Baswedan juga harus didukung oleh Partai Politik (Parpol) untuk maju dalam Pemilu 2024.

"Jadi suka atau suka karena aturannya lewat Undang-Undang Dasar harus didukung oleh partai atau gabungan partai, Anies harus mendapatkan dukungan partai yang mencapai 20 persen," kata Ujang menambahkan.

Diketahui, Partai NasDem sudah menyatakan minatnya untuk mengusung Anies sebagai bakal capres setelah mengonsolidasikan suara seluruh kadernya.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024. Dia mengatakan nihilnya kendaraan politik membuatnya memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

"Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies, pada Kamis (15/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan capres Pilpres 2024
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top