Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Korban Gusuran JIS Demo di Balai Kota, Ini Tuntutannya

Warga Kampung Bayam yang merupakan korban gusuran JIS menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/12/2022).
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  13:32 WIB
Korban Gusuran JIS Demo di Balai Kota, Ini Tuntutannya
Korban Gusuran JIS Demo di Balai Kota, Ini Tuntutannya. Warga Kampung Bayam menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/12/2022). - BISNIS / Pernita Hestin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Kampung Bayam yang merupakan korban gusuran proyek Jakarta International Stadium (JIS) menggelar demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Mereka membangun tenda di depan kantor Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan membawa spanduk bertuliskan “Kampung Susun Bayam Hak Kami Biarkan Kami Masuk dan Menghuni.”

Para demonstran menuntut agar Kampung Susun Bayam yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Jakartapropertindo (Jakpro) segera bisa dihuni.

“Kami ingin sebisa mungkin hunian rusun di JIS itu [bisa dihuni]. Kami kan sudsh verifikasi, sudah mendapatkan nomor hunian, sudah ada SK, dan peresmian waktu itu ada Gubernur [Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan] kami diundang. Artinya kami punya hak masuk ke dalam hunian itu,” kata Ketua Koperasi Persaudaraan Warga Kampung Bayam Asep Suwenda di depan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Tidak hanya itu, Asep menyampaikan bahwa pihaknya juga meminta agar harga sewa Kampung Susun Bayam terjangkau. Pasalnya dia menyebutkan harga yang ditawarkan oleh PT Jakpro menurutnya masih membebankan warga.

“Terus kami minta koperasinya juga diberdayakan di dalam. Kami kan ada koperasi, koperasi persaudaraan warga Kampung Bayam. Koperasi kami sudah berbadan hukum dan legalitasnya sudah jelas, sudah ada,” katanya.

Sebelumnya, Mantan Gubernur Anies Baswedan telah meresmikan Kampung Susun Bayam, di Jakarta Utara pada Rabu 12 Oktober 2022 malam. Kampung susun tersebut letaknya berada di sekitar kawasan stadion Jakarta International Stadium (JIS).

Dibangun secara vertikal dan memiliki pemandangan langsung ke arah stadion berstandar internasional tersebut. Kampung Susun Bayam memang diperuntukkan warga Kampung Bayam yang menjadi korban pembangunan JIS.

Anies pun berharap warga yang tinggal di Kampung Susun Bayam tersebut menjadi bagian dari kemajuan JIS.

"Hadirnya stadion ini membawa mereka yang tinggal di sekitarnya untuk tumbuh berkembang. Ini bukan malah tersingkir dan menonton dari jauh, tapi ikut merasakan manfaatnya," kata Anies di Kampung Susun Bayam, di Jakarta Utara, Rabu (12/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta International Stadium penggusuran heru budi hartono Anies Baswedan demo
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top