Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Silvia Halim: "Srikandi" MRT Jakarta Kini Jadi Pejabat Otorita IKN

Simak profil singkat Silvia Halim. Srikandi MRT Jakarta yang kini jadi pejabat Otorita IKN
Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim saat menjajal jalur fase I Lebak Bulus-Bunderan HI. JIBI/Feni Freycinetia
Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim saat menjajal jalur fase I Lebak Bulus-Bunderan HI. JIBI/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Otorita IKN (Ibu Kota Nusantara) Bambang Susantono resmi melantik empat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya pada Kamis (16/2/2023). Salah satunya adalah Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim.

Bambang mengatakan pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31/TPA Tahun 2023 dan Nomor 32/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 13 Februari 2023.

“Saya ingin mengawali dengan mengucapkan selamat kepada yang dilantik pada hari ini. Tentunya Presiden Jokowi memilih yang terbaik dari sekian banyak kandidiat karena beliau tau bahwa tugas yang diemban bukan tugas yang kaleng-kaleng Ini tugas sangat berat tetapi tugas yang history in the making,” kata Bambang dalam keterangan resmi, Kamis (16/2/2023).

Profil Silvia Halim

Silvia Halim ditugaskan untuk mengisi posisi Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN. Dengan demikian, Silvia meninggalkan jabatannya sebagai Direktur Konstruksi MRT Jakarta yang telah diembannya selama bertahun-tahun.

Lantas, siapa sebenarnya Silvia Halim? Simak profil singkat "Srikandi" MRT Jakarta yang kini jadi pejabat Otorita IKN.

Silvia Halim merupakan perempuan kelahiran 18 Juni 1982. Mengutip situs resmi MRT Jakarta, Silvia Halim merupakan lulusan S1 Teknik Sipil di Nanyang Technological University.

Setelah selesai kuliah, Silvia bekerja di Singapura untuk menggeluti sektor infrastruktur dan transportasi. Selama 12 tahun dia berkarir di Land Transport Authority (LTA) Singapura.

Bertahun-tahun bekerja di negeri Singa, Silvia Halim akhirnya kembali ke Indonesia ketika Pemprov DKI mulai membangun megaproyek MRT Jakarta.

Ada yang bilang bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang membujuk Silvia agar kembali ke Indonesia dan membantu konstruksi fase I Lebak Bulus-Bundaran HI.

Akhirnya, Silvia Halim ditunjuk sebagai Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta pada 31 Agustus 2016.

Selain usianya yang masih muda, Silvia Halim menjadi sorotan lantaran tercatat sebagai satu dari sedikit perempuan yang berkecimpung di bidang konstruksi yang didominasi oleh pria. Kini, Silvia Halim akan mengemban tugas baru Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN.

Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menjelaskan status Silvia Halim di MRT Jakarta.

"Status Ibu Silvi saat ini masih dalam proses transisi sampai dengan RUPS yang diselenggarakan dengan tetap mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Tomo dalam keterangan resmi, Kamis (16/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper