Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat & Tata Tertib Salat Id di Masjid Istiqlal Sabtu 22 April 2023

Jemaah yang ingin melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal, Sabtu 22 April 2023 diwajibkan mengikuti syarat protokol kesehatan dan tata tertib yang ada.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Menteri melaksanakan salah Iduladha di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7/2022)./BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Menteri melaksanakan salah Iduladha di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7/2022)./BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Masjid Istiqlal akan menggelar kegiatan salat Id 1444 H bagi masyarakat umum pada Sabtu (22/4/2023) besok. Penentuan tanggal ini sesuai dengan hasil Sidang Isbat Kemenag RI yang menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. 

“Alhamdullilah pelaksanaan salat Idulfitri 1444 H di Masjid Istiqlal dibuka secara luas dan terbuka untuk masyarakat umum,” tulis akun media sosial @masjidistiqlal.official, Jumat (21/4/2023). 

Dalam unggahannya, pihak Masjid Istiqlal tidak menyebutkan peraturan soal penggunaan masker. Akan tetapi, berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, peserta salat Idulfitri di Masjid Istiqlal diimbau untuk tetap menggunakan masker selama pelaksanaan rangkaian salat agar jemaah untuk terus menjaga kesehatan. 

Tak hanya soal pelonggaran dari segi protokol kesehatan yang lain seperti menjaga jarak, namun ada sejumlah poin catatan lain yang harus diperhatikan bagi para jemaah yang ingin salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, sebagai berikut: 

TATA TERTIB

  1. Datang lebih awal, pelaksanaan salat Idulfitri 1444 H dimulai pukul 07.00 WIB 
  2. Memakai pakian yang menutup aurat dan sopan
  3. Membawa alat dan alas salat pribadi 
  4. Membawa kantong plastik sandal/sepatu pribadi 
  5. Membawa barang keperluan secukupnya 
  6. Menjaga barang bawaan dimanapun dan kapanpun
  7. Turut serta tertib menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan ibadah 

DAFTAR AKSES PINTU MASUK JEMAAH

  • Gerbang 2 Gerbang Al-Ghaffar (seberang Pertamina) untuk pejalan kaki
  • Gerbang 3 Al-Aziz (seberang Kemenag/SMPN 04 Jakarta) untuk pejalan kaki dan parkir mobil/motor di basement Masjid Istiqlal
  • Gerbang 6 Al-Mukmin (seberang Tugu Adipura) untuk pejalan kaki
  • Gerbang 5 Al-Fattah (seberang Gereja Katedral) untuk pejalan kaki

Sebagai informasi, diperkirakan 200.000 jemaah salat Idulfitri di Masjid Istiqlal. Sejumlah orang penting Tanah Air pun disinyalir akan mengikuti rangkaian pelaksanaan salat Idulfitri di masjid ini. 

Kabag Umum dan SDM Masjid Istiqlal Ismail Cawidu menuturkan pihaknya sudah menerima konfirmasi mengenai hadirnya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin

Berdasarkan pantauan Bisnis, para petugas masjid telah mendirikan pos pemeriksaan yang bakal dilengkapi pintu deteksi logam milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres)  di pelataran Masjid Istiqlal. 

Pintu metal detector ini biasa dipasang menjelang Hari Raya Idulfitri di Masjid Istiqlal, untuk pengamanan jemaah yang akan masuk ke dalam masjid selama Salat Idulfitri berlangsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper