Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transjakarta Godok Uji Coba Bus Rute Bogor dan Cibubur pada Juli 2024

PT Transjakarta menargetkan uji coba layanan bus Transjakarta dan Trans Pakuan dengan rute Bogor dan Cibubur bisa dilakukan Juli 2024.
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) targetkan uji coba layanan bus Transjakarta dan Transpakuan rute Jakarta, Bogor, dan Cibubur Juli 2024.

Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan bahwa layanan bus Transjakarta dan Transpakuan saat ini masih dalam pembahasan, diharapkan pada Juli 2024 akan dilangsungkan uji coba untuk melihat respons masyarakat. 

“Uji coba layanan bus ditargetkan Juni atau Juli mendatang, jadi nanti akan langsung uji coba, dan akan kita lihat responsnya seperti apa,” ujar Welfizon di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Untuk mempersiapkan uji coba tersebut, Transjakarta saat ini tengah menyiapkan titik-titik lintasan bus, dan skema bisnis ke depan apabila kedua Transjakarta dan Transpakuan resmi melakukan kerja sama. 

Salah satu skema bisnis yang tengah dibahas terkait dengan penyediaan armada. Kedua belah pihak tengah mempertimbangkan apakah armada yang digunakan sepenuhnya dari Transjakarta atau sebagian menggunakan unit milik Transpakuan. 

“Unitnya mau pakai unit yang mana, titiknya mau dari mana, nanti akan berangkatnya dari mana, ini yang lagi dibahas,” jelasnya. 

Dengan rencana tersebut, Welfizon berharap kerja sama yang dilakukan oleh Transjakarta dan Transpakuan tidak akan membebani keuangan perusahaan ataupun keuangan Pemprov DKI. Untuk meminimalisir hal ini, kedua belah pihak juga tengah mencari solusi yang baik.

Berdasarkan catatan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan akan ada layanan langsung dari kerja sama Transpakuan dan Transjakarta dengan rute dari Bogor ke Cibubur. 

“Saat ini sedang dalam proses administrasi, akan diuji coba 2 rute, yakni dari Bubulak dan Baranangsiang ke Cibubur, sehingga masyarakat dari Bogor tidak harus membawa kendaraan pribadinya,” ujar Syafrin.

Dengan rute baru tersebut, Syafrin menyampaikan, nantinya warga cukup berangkat dari Bubulak atau Baranangsiang dengan menggunakan bus Transpakuan sampai ke Cibubur. Kemudian, dari Cibubur dengan Transjakarta dengan tujuan Kota Jakarta.

Meskipun demikian, Dishub DKI Jakarta belum bisa membeberkan besaran tarif yang akan dikenakan kepada para penumpang, pasalnya saat ini masih dalam pembahasan. 

Sebagai informasi, saat ini Cibubur sudah melayani angkutan Transjakarta dengan layanan utamanya adalah Non-BRT dari halte Cibubur ke Cawang, sebanyak 20 unit yang dikerahkan dengan jam operasional pada 05.00 WIB - 22.00 WIB. 

Kemudian pada jam sibuk, yakni pagi dan sore, telah dioperasikan 2 rute, yakni Cibubur - Blok M, dan Cibubur - Utara. Masing-masing unit yang disediakan sebanyak 10 bus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper