DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan pada Malam Tahun Baru 2024

DLH DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 3.180 personel kebersihan pada malam pergantian tahun baru 2024.
DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan pada Malam Tahun Baru 2024. Tahun baru./Freepik
DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan pada Malam Tahun Baru 2024. Tahun baru./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 3.180 personel kebersihan pada malam pergantian tahun baru 2024.

Kepala DLH DKI Asep Kuswanto mengatakan bahwa pihaknya menargetkan seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan tahun baru pada Senin (1/1/2024) subuh.

"Kami mengerahkan 3.180 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPS Badan Air untuk membantu di darat dan berkerja sama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/12/2023).

Asep melanjutkan, ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan sampah selama acara malam puncak berlangsung, dan ditargetkan tuntas pada pukul 05.00 WIB.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Minggu [31/12] sore, seluruh Suku Dinas Lingungan Hidup wilayah akan menggelar apel konsinyering untuk mengecek kesiapan petugas," ujarnya.

Dirinya menambahkan, pembersihan itu akan diselenggarakan di 25 titik di 5 wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Adapun, puncak acara perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta digelar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin hingga Monumen Nasional (Monas).

Meskipun demikian, pihaknya tetap bertanggung jawab menangani kebersihan di wilayah lain dalam lingkup suku dinas masing-masing.

“Pada puncak acara perayaan malam tahun baru di Sudirman-Thamrin dan Monas kami kerahkan khusus 500 personil dengan sarana dan prasarana berupa 10 unit truk angkutan sampah, 10 bus toilet dan 20 unit road sweeper untuk melakukan penanganan sampah sebelum, selama dan sesudah acara,” lanjut Asep.

Selain itu, pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin, mini dump truck, dan motor trail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper