Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom Ajukan Pembongkaran Utilitas di Ibu Kota

Telkom berencana untuk mengganti kabel tembaga dengan kabel fiber optik dengan menarik 4.260 km kabel di udara yang melayani 671.896 rumah dan gedung di Jakarta. Proses penggantian tersebut mewajibkan terjadinya pembongkaran di sepanjang jalur jaringan utilitas. Keberadaan kabel tembaga itu sudah eksis sejak 1960.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA —Telkom berencana mengganti kabel tembaga dengan kabel fiber optik dengan menarik 4.260 km kabel di udara yang melayani 671.896 rumah dan gedung di Jakarta. Proses penggantian tersebut mewajibkan pembongkaran di sepanjang jalur jaringan utilitas. Keberadaan kabel tembaga itu sudah eksis sejak 1960.

Kemajuan teknologi merupakan faktor utama penggantian kabel tembaga, sehingga diharapkan dapat menambah kecepatan internet, kualitas gambar televisi kabel, dan kemampuan serat optik ini mampu membangun smart city.

“Kemampuan serat optik akan membangun smart city, dia bisa mengintegrasikan semua lampu merah. Manajemen lampu merah seluruh Indonesia bisa dilakukan dengan serat optik,” ujar Direktur Konstruksi Telkom Akses Lukman Iskandar Soleman, Selasa (24/3/2015).

Saat ini, Telkom tengah mengajukan pembongkaran utilitas eksiting dalam duct sedalam 1,5 meter. Dari 974 km jalur utilitas, Telkom memerlukan 10% area baru. Seperti diketahui penataan sarana utilitas bawah tanah masih semrawut. Pembongkaran utilitas Telkom ini sekaligus pemasangan cabinet sebanyak 1.122 buah.

Lukman menargetkan pihaknya mampu mengganti seluruh kabel tembaga yang menyebar di Ibu Kota pada tahun ini. Target ini meleset dari sebelumnya yang dijadwalkan selesai pada 2014, namun masih terhambat dalam perizinan.

“Sebenernya kami menginginkan bukan tahun ini, tapi tahun kemarin sudah selesai,”ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper