Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airin Terpilih Jadi Ketum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2016-2020.nn
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany/Antara
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany/Antara

Bisnis.com, TANGSEL - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2016-2020.

Airin terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional Apeksi yang berlangsung di Jambi, kemarin, Kamis (28/7/2016), menyisihkan 7 formatur yang masing-masing mewakili koordinator wilayah beranggota 10-20 wali kota.

Dedi Budiawan, Asisten Daerah II Pemkot Tangsel, mengatakan wali kota lain, terutama dari luar Pulau Jawa, sangat mendukung Wali Kota Airin menjadi Ketua Umum Apeksi.

“Sebab, beliau bisa menjadi kepanjangan tangan mereka untuk urusan ke pusat pemerintahan di Jakarta, mengingat letak geografis Tangsel yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara,” katanya, Jumat (29/7/2016).

Menurutnya, Apeksi dibentuk sebagai organisasi yang mewadahi wali kota seluruh Indonesia, agar dapat menjembatani jika terjadi persoalan dalam pelaksanaan peraturan dan undang-undang tentang kepemerintahan yang baru di lapangan.

Dia menjelaskan,  dalam kegiatan Apeksi, di antaranya adalah musyawarah nasional, tidak menutup kemungkinan terbukanya kesempatan kerja sama antar daerah.

Sebagai contoh, lanjutnya, untuk satu daerah kota yang memiliki program unggulan tertentu dan telah berhasil diterapkan dengan baik, maka sangat berpeluang untuk diadopsi daerah-daerah yang lain.

Sementara itu Benyamin Davnie, Wakil Wali Kota Tangsel, dalam situs resminya, menjelaskan pencalonan Airin menjadi Ketua Umum Apeksi diusung mewakili para wali kota dari Korwil 3 yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper