Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA DKI 2017: KPU Lakukan Penyortiran Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menyatakan saat ini jutaan surat suara yang telah terdistribusi ke KPU Kabupaten/Kota seluruh DKI sedang dilakukan penyortiran dan pelipatan
Surat suara Pilkada DKI 2017./.Antara
Surat suara Pilkada DKI 2017./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menyatakan saat ini jutaan surat suara yang telah terdistribusi ke KPU Kabupaten/Kota seluruh DKI sedang dilakukan penyortiran dan pelipatan.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno memastikan logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 berupa surat suara, tinta, template alat bantu tuna netra, dan stiker telah didistribusikan ke KPU Kab/Kota di seluruh provinsi.

"Khusus surat suara, saat ini sedang dalam proses penyortiran dan pelipatan di gudang logistik masing-masing KPU Kabupaten/Kota," ujarnya, Rabu (25/1/2017).

Jumlah surat suara yang dicetak untuk keperluan Pilkada DKI Jakarta pada 2017 tersebut mencapai sebanyak 7.292.619 lembar.

Angka tersebut merupakan jumlah dari daftar pemilih tetap (DPT), ditambah surat suara tambahan 2,5% dari DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta surat suara untuk keperluan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Dia merinci jumlah DPT sebanyak 7.108.589 lembar, ditambah surat suara tambahan 2,5% dari DPT per TPS sebanyak 184.030 lembar, serta surat suara untuk PSU sebanyak 2.000 lembar.

Jutaan surat suara tersebut terdistribusi dengan baik ke masing-masing kabupaten/kota di DKI Jaoarta dengan rincian Jakarta Utara 1.120.216 lembar, Jakarta Selatan 1.634.980 lembar, Jakarta Timur 2.058.332 lembar, Jakarta Pusat 766.439 lembar, Jakarta Barat 1.694.785 lembar dan Kepulauan Seribu 17.867 lembar.

Sementara itu total tinta yang didistribusikan sebanyak 26.046 botol, template alat bantu tunanetra sebanyak 13.023 buah, stiker kotak suara sebanyak jumlah TPS yakni, 13.023 buah, serta stiker kotak rekapitulasi di kecamatan sebanyak 578 buah.

"Untuk bilik suara dan segel dikirim hari ini. Target kita akhir bulan ini seluruh logistik harus sudah terdistribusikan semua," tambahnya.

Sumarno menambahkan apabila ditemukqn rdapat logistik yang rusak, KPU kabupaten/kota bisa mengajukan permintaan penggantian secara tertulis dilampiri berita acara hasil pensortiran.

Selain itu, kata dia, bisa juga melalui berita acara kekurangan logistik yang ditandatangani ketua/anggota KPU kabupaten/kota dan sekretarisnya.

"Kategori surat suara yang tidak baik akan dipisahkan dan dimusnahkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper