Dongkrak Turis Jepang, Sandi Ingin Melody JKT48 Jadi Duta Pariwisata

Jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang naik 30%-35%, khususnya setelah e-passpor diberlakukan. Namun, kunjungan wisatawan Jepang ke Jakarta justru stagnan.
Feni Freycinetia Fitriani | 26 Februari 2018 18:55 WIB
Melody JKT48 - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke beberapa kota di Jepang pekan lalu. Ada beberapa hal yang dibahas, antara lain kelanjutan proyek mass rapid transit (MRT), pengolahan limbah, Olimpiade Tokyo 2020, dan pariwisata.

Dia menuturkan peningkatan sektor pariwisata antara Jepang dan Jakarta menjadi fokus pemerintah Ibu Kota. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Jepang menduduki peringkat empat pada Desember 2017. Ini artinya sebanyak 19.198 kunjungan atau 8,67% turis Negeri Sakura berkunjung ke Jakarta.

"Jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang naik 30%-35%, khususnya setelah e-passpor diberlakukan atau diberi kemudahan visa. Namun, kunjungan wisatawan Jepang ke Jakarta justru stagnan," katanya di Balai Kota DKI, Senin (26/2/2018).

Untuk itu, Sandi berencana menjalin kerja sama dengan pemerintah kota Hokkaido mendatangkan lebih banyak turis Jepang ke Indonesia, khususnya Jakarta.

Salah satu caranya yaitu dengan memilih duta pariwisata yang bisa mendekatkan wisatawan Jepang ke Indonesia. Apalagi, sebentar lagi Jakart akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang juga menjadi ajang untuk menggaet lebih banyak wisatawan.

"Salah satunya yang akan kami dorong adalah Melody JKT48 untuk jadi duta pariwisata. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa menyedot lebih banyak turis Jepang untuk datang ke Jakarta," imbuh Sandi.

JKT48 merupakan sebuah grup idola yang dibentuk oleh produser sekaligus pencipta lagu terkenal asal Jepang, Akimoto Yasushi.

Akimoto adalah produser grup idola Akihabara 47 (AKB48). JKT48 menjadi sister group pertama di luar Jepang dan yang kedua adalah Shanghai 48 (SNH48).

Seluruh grup tersebut beranggotakan 48 orang personel.

Sementara itu, Melody Nurramdhani Laksani merupakan anggota Double Team J-T di JKT48. Dara manis kelahiran 24 Maret 1992 tersebut dikenal sebagai pemimpin grup atau front leader di JKT48.

Tag : jkt48, pariwisata dki
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top