Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  memperkirakan empat kawasan di Jakarta yaitu Kalideres, Cengkareng, Kembangan dan Penjaringan berpotensi terjadi hujan lebat, pada 29 November 2011 sehingga rawan banjir.
 
Kepala Bidang Informasi BMKG Hari Tirto mengatakan curah hujan mulai terjadi setiap hari di Ibu Kota sehinga di empat wilayah tersebut rawan terjadi banjir sedang dan rendah. 
 
"Tetapi, Jakarta secara umum masih tetap aman dari banjir besar, karena curah hujan tidak terlalu tinggi," katanya di Jakarta hari ini.
 
Menurutnya, prospek cuaca dalam sepekan mendatang pada di Jakarta pada 28-30 November 2011 berpotensi hujan ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari, demikian juga di Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok.
 
Adapun secara nasional, lanjutanya, prospek cuaca dalam sepekan mendatang pada 28 November -4 Desember 2011, potensi dengan suhu permukaan laut panas diperkirakan terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera Barat, 
 
Kemudian di Samudera Pasifik sebelah utara Papua, Laut Banda, Laut Aru bagian barat, Laut Timor, Samudera Indonesia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur berkisar antara 30-31 drajat Celsius. 
 
Adapun pola tekanan rendah diperkirakan terjadi di Samudera Indonesia sebelah barat Lampung, awan konvektif masih berpeluang terjadi di wilayah Indonesia sehingga potensi hujan lebat disertai kilat-petir dan angin kencang berdurasi sangat singkat masih akan terjadi. 
 
"Angin di atas wilayah Indonesia umumnya dari arah Timur Laut-Tenggara, dengan kecepatan berkisar antara 05-45 km per jam," ujarnya. 
 
Hari mengatakan hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Riau Kepulauan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian utara dan timur, serta Kalimantan Tengah, 
 
Demikia juta di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Palu, Luwuk, Sulawesi Barat bagian barat, Maluku Utara, Papua Timur bagian tengah, Banten, Jakarta, Jawa Barat dan sebagian pantura Jawa Tengah. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler