Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRESS RELEASE: Indonesia Menari digelar hingga 9 Juni

JAKARTA : Lebih dari 2.000 penari dari berbagai kalangan akan bersatu dalam sebuah gerakan Indonesia Menari di Bundaran Hotel Indonesia, mulai Minggu (13 Mei), bertepatan dengan waktu bebas kendaraan bermotor (car free day).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Mei 2012  |  16:47 WIB

JAKARTA : Lebih dari 2.000 penari dari berbagai kalangan akan bersatu dalam sebuah gerakan Indonesia Menari di Bundaran Hotel Indonesia, mulai Minggu (13 Mei), bertepatan dengan waktu bebas kendaraan bermotor (car free day).

Kegiatan ini merupakan sebuah ajakan bagi segenap masyarakat untuk lebih mengenal kekayaan dan keragaman budaya Indonesia melaluitarian. Acara ini juga merupakan salah satu rangkaian acara The 11th Indonesian Dance Festival 2012.

Gerakan Indonesia Menari ini merupakan hasil kerjasama Djarum Apresiasi Budaya, Indonesian Dance Festival (IDF), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, serta Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) yang memiliki kecintaan yang besar pada budaya Indonesia.

Kegiatan ini turut didukung oleh lebih dari 1.500 penari, pemusik, komunitas BMX, pantomim, ratusan Abang-None dari IANTA dan komunitas Indo Runners. Selain itu acara ini turut dihadir ioleh Fauzi Bowo, Dewi Gita sebagai Duta IDF, dan para public figure, antara lain Fifi Aleyda Yahya, Haykal Kamil, Tommy Tjokro, danZivanna Letisha.

“Terwujudnya kegiatan Indonesia Menari hari ini merupakan hasilkerjasama dari berbagai pihak yang sama-sama memiliki kepedulian pada budaya Indonesia, khususnya tarian.Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi acara tahunan di ruang publik, dan semoga di ke depannya semakin banyak lagi masyarakat yang ikut terlibat,” ujar Renitasari, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Maria Darmaningsih selaku direktur IDF menambahkan, “Tarian selalui dentik dengan kegembiaraan, keluwesan, dan harmonisasi, maka Indonesia Menari menjadi pesan yang ingin kami sampaikan tidak hanya hari ini, tapi sepanjang rangkaian acara The 11th IDF 2012 hingga puncaknya di tanggal 1-9 Juni 2012. Para peserta tari hari ini juga membuktikan keseriusan kami untuk merangkul para penari dariber bagaikalangan, baikpenari tradisi, kontemporer, maupun street dancer, sesuai dengan tema besar IDF kali ini, Let’s Move: Outreaching the Possibilities”

Indonesia Menari dimulai pada pukul 8.00  bermuladari iring-iringan Ondel-Ondel Betawi setinggi 6 meter di ikuti oleh sekitar 100 penari dari ruas Jl. Imam Bonjol, bersamaan dengan sekitar 100 penari Bali dari arah Jl. Thamrin.

Rombongan tersebut berkumpul di area depan Hotel Indonesia Kempinski, bersama para street dancer yang sudah berbaur dengan para pengunjung car free day. Setelah berkumpul, para penari kemudian mengajak para pengunjung untuk mengikuti gerakan yang memasukkan unsur keragaman budaya di Indonesia, melalui gabungan tarian tradisional sederhana dari daerah Sumatra Utara, Jawa Barat, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, berikut ikon-ikon dari daerah-daerah tersebut. Adapun koreografer untuk tarian ini adalah Hanny Herlina, salah satu alumni IKJ.

Membawa semangat yang menjunjung harmonisasi dalam keberagaman budaya Indonesia, ajang Indonesia Menari meraih 2 penghargaan MURI dengan kategori Menari Tarian Nusantara dengan Peserta Terbanyak dan Flashmob Nandak Betawi Pertama dan Terbesar.

Jakarta 5K FunRun and Dance

Pada pukul 6.00, acara dibuka dengan Fun Run sepanjang 5 kilometer yang dimulai dari Bundaran HI, menyusuri Jalan Jendral Sudirman kemudian berakhir kembali di Bundaran HI. Berawal dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, olahraga dalambentuk yang paling sederhana ini diharapkan dapat menjadi bagian dari gaya hidup warga Jakarta yang menyenangkan. Peserta lari tidak terbatas kepada anggota Indo Runners dan IANTA saja, masyarakat umum pun memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

KegiatanJakarta 5K Fun Run and Dance merupakan ajang pembuka menuju ulang tahun kota Jakarta pada 22 Juni, sekaligus sebagai sosialisasi Jakarta Internasional 10K yang akan digelar pada tanggal 20 Mei 2012 mendatang. Namun bukan lamanya ketahanan tubuh yang akan menjadi kebanggaan dari kegiatan lomba lari pada 13 Mei 2012 mendatang, melainkan juga nuansa keceriaan dan kebersamaan.

“Jadikan lari dan menari sebagai gaya hidup sehat, terjangkau, dan terutama menyenangkan bagi warga Indonesia khususnya Jakarta. Sama dengan musik, semua orang pasti suka menari, apapun bentuknya. Karena kami meyakini menari pun merupakan bentuk bahasa universal.Bahasa yang dikomunikasikan melalui ekspresi dan gerak,” ucap Angga Adhitya Syailendra, ketua acara Jakarta Fun Run & Dance, Head of Communication IkatanAbang None Jakarta.

Angga menambahkan, “Di Abang None Jakarta, kami mencoba untuk mengajakwarga Jakarta melakukan segala aktivitas cerdas yang menyenangkan, namun tetap berbudaya”.

Setelah kompetisi lari, para Abang-None juga mengajak masyarakat Jakarta untuk menari bersama melalui Flashmob Nandak Betawi, yang merupakan tarian khas Jakarta. Flashmob Nandak Betawi ini juga merupakan yang pertama dan terbesar yang pernah diadakan di Indonesia, sehingga direncanakan untuk dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (MURI).

 

 

+ BACA JUGA :

>>> Top 5 Editors Choice Bisnis Indonesia

>>> Steve Wozniak Kepincut Saham Facebook

>>> Menhub Minta Asuransi Korban Sukhoi Rp1,25 Miliar per Orang

>>> City juara Liga Inggris

>>> 5 Rubrik TERPOPULER

>>> 10 ARTIKEL Paling Banyak DIBACA

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : bisnis Indonesia

Editor : Rezza Aji Pratama

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top