Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI BERAKSI: Ganjil Genap Plat Nomor Tahap Awal Untuk Mobil

JAKARTA--Dalam menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan ganjil genap, Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo  pada tahap awal  menerapkan  untuk kendaraan roda empat, belum sepeda motor.Mobil dulu kita lihat seperti apa. Tahapan yang soft,

JAKARTA--Dalam menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan ganjil genap, Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo  pada tahap awal  menerapkan  untuk kendaraan roda empat, belum sepeda motor."Mobil dulu kita lihat seperti apa. Tahapan yang soft, tapi memang harus dilakukan. Kalau bukan kebijkan radikal seperti ini, kapan masalah transportasi akan rampung,"  ujarnya  di Balai Kota, Jakarta, Rabu (12/12).Untuk penerapan ganjil genap plat nomor kendaraan roda dua,  menurutnya, masih akan dipertimbangkan kembali dengan berbagai proses kajian yang lebih dalam.Sebelumnya, Polda Metro Jaya sempat mengeluhkan  kekhawatiran munculnya resistensi yang sangat besar dari masyarakat bila kebijakan tersebut juga mengikutsertakan kendaraan roda dua."Ini kan masih proses, yang jelas mobilnya dulu. Motor nanti mengitu.Kapannya, masih dalam proses. Ini semua masih dalam kajian" tutur Jokowi. Dia tetap yakin akan menerapkan kebijakan baru tersebut tahun depan, meski belum menentukan waktu pastinya. Karena sudah melewati kajian yang panjang, katanya, penerapan ganjil genap ini akan menjadi bagian kebijakan sebelum electronic road pricing diterapkan.   Secara paralel,  lanjut  Jokowi, proses pembenahan pada transportasi massal juga akan dirampungkan. Peremajaan bus sedang, optimalisasi busway, termasuk pembangunan monorel, dan mass rapid transit menjadi bagian dari pembenahan masalah transportasi di Ibu Kota. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bambang Sutejo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper