Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WAGUB BASUKI: Silpa DKI Capai Rp8 Triliun

Bambang Sutejo
Bambang Sutejo - Bisnis.com 18 Desember 2012  |  13:02 WIB
JAKARTA-Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) DKI Jakarta dipastikan lebih tinggi dari prediksi awal yakni mencapai Rp8 triliun.
 
"Dalam penyerapan APBD 2012 ini, ada hal yang perlu mendapat perhatian dan perbaikan segera. Pemprov memperkirakan Silpa di DKI mencapai Rp8 triliun," ujar Wakil Gubernur DKI Basuki T. Purnama dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran di Balai Kota, Jakarta, Selasa (18/12).
 
Serapan anggaran sampai akhir tahun diprediksikan hanya anak mencapai 82%. Artinya, dari total Rp41 triliun, anggaran yang terserap hanya sekitar Rp33,5 triliun. Seperti diketahui, Silpa pada 2011 berjumlah Rp6,47 triliun atau 20% dari APBD 2011 sebesar Rp31,7 triliun.
 
Ahok, panggilan akrab Basuki, mengungkapkan perlunya peningkatan kualitas belanja dalam APBD, agar alokasi anggaran yang ada bisa dimanfaatkan untuk program-program dengan nilai tambah bagi masyarakat.
 
Belanja modal dan infrastruktur, jelasnya, perlu dilakukan efisiensi terutama dalam belanja operasional seperti belanja barang dan belanja perjalanan dinas. 
 
Selain itu, sambung Ahok, Pemprov DKI perlu melakukan peningkatan pendapatan asli daerah sebagai langkah meningkatkan kemandirian daerah. 
 
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sempat memprediksikan Silpa tahun ini sekitar Rp6 triliun. Menurut dia, tingginya Silpa disebabkan adanya permasalahan perencanaan yang sudah terjadi sejak awal. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top