Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JOKOWI Lantik Walikota Jaktim Krisdioanto di tengah Kampung

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akhirnya resmi melantik H.R  Krisdianto dan Husein Murad sebagai Walikota dan Wakil Walikota Jakarta Timur yang baru menggantikan Walikota sebelumnya Murdhani yang telah memasuki masa pensiun.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Desember 2012  |  19:40 WIB

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akhirnya resmi melantik H.R  Krisdianto dan Husein Murad sebagai Walikota dan Wakil Walikota Jakarta Timur yang baru menggantikan Walikota sebelumnya Murdhani yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan yang dilakukan dihadapan ratusan warga Gang Swadaya, Kampung Pulo Jahe, RT 07/05, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur ini menjadi fenomena baru yang dilakukan oleh Jokowi serta bertujuan agar pemimpin baru dapat merasakan dan melihat apa saja permasalahan warganya. Terlebih untuk wilayah Pulo Jahe sendiri masih perlu banyak perbaikan seperti masalah MCK (mandi, cuci, kakus), tempat pembuangan sampah, saluran air dan hydrant.

 "Saya lantik di sini supaya semua pejabat melihat permasalahan Jakarta. Itu saja pesannya. Terutama penataan kampungnya masih jauh, penataan kota, tata ruang juga perlu diperbaiki," ucap Jokowi di Cakung hari ini, Kamis (20/12/2012).

Seperti diketahui HR Krisdianto sendiri sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota dan Husein Murad sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kota Jakarta Timur. Adapun beberapa hal yang menjadi perhatian Jokowi untuk wilayah Jakarta Timur meliputi penataan kampung dan kotanya. Selain itu, bersama wilayah Jakarta Utara, masalah kemiskinan di wilayah ini juga masih cukup tinggi.

"Secara makro masalah kota ini harus diselesaikan semuanya, dari penataan kampung, kesejahteraan masyarakat terutama nanti saat pembagian Kartu Jakarta Sehat, dan Kartu Jakarta Pintar yang memang akan diberikan pada masyarakat. Ini persoalan real, yang sudah ditunggu masyarakat, bukan masalah administratif di dalam kantor," paparnya.

Selain Pulo Jahe sendiri, Jokowi mengatakan sebetulnya ada empat wilayah di Jakarta Timur yang diajukan untuk tempat pelantikan, namun kawasan Pulo Jahe lah yang dianggap tepat dibandingkan dengan tiga wilayah lain.

 "Kemarin ada empat lokasi, tapi saya pilih di sini, karena ini yang perlu dapat perhatian," tuturnya.

Menurut Jokowi kedepan bukan tidak mungkin hal serupa akan kembali dilakukan agar pejabat yang baru melantik tidak malu untuk turun menyapa warganya, mengetahui apa yang menjadi permasalahan warganya. "Suatu saat mungkin saya akan lantik kepala PU di tepi Ciliwung, kenapa tidak. Karena masalah Jakarta ada disini, di kampung-kampung," lanjutnya.

Lebih lanjut mantan Walikota Solo ini berujar kebiasaan yang selama ini terjadi adalah pejabat yang memerintah lebih senang bekerja hanya dibelakang meja sementara tuntutan masyarakat yang besar tidak sampai dikarenakan birokrasi yang berbelit dan ketat.

"Bukan persoalan administrasi dalam kantor saja, justru ini yang fungsional bukan malah seremonial. Karena jika begini kan mereka begitu dilantik langsung tahu masalah yang ada. Ini yang saya inginkan," tukasnya. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Emanuel Tome Hayon

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top