Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WAGUB AHOK: DKI Gandeng Askes Terapkan Sistem Online

JAKARTA—Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama memastikan kerja sama dengan PT Askes membuat proses verifikasi data kesehatan masyarakat bisa terjamin, sehingga tunggakan pembayaran bisa dihindari. 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Desember 2012  |  21:28 WIB

JAKARTA—Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama memastikan kerja sama dengan PT Askes membuat proses verifikasi data kesehatan masyarakat bisa terjamin, sehingga tunggakan pembayaran bisa dihindari. 

“Dengan kerja sama ini, PT Askes bisa membantu kami memverifikasi dengan sistem, formula, dan sistem rujukan yang jelas," kata Basuki dalam acara Sosialisasi dan Biaya Kartu Jakarta Sehat bersama rumah sakit swasta di Balai Kota, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Lebih lanjut Basuki menyampaikan sistem online yang diterapkan sekaligus dapat mencegah aksi pencaloan yang marak terjadi. Sistem ini membuat warga yang berobat ke rumah sakit harus mendapatkan rujukan awal dulu dari puskesmas.

"Dengan sistem ini harus ada rujukan dari puskesmas. Warga tidak bisa langsung datang ke rumah sakit jika ingin dirawat, kecuali jika kecelakaan," tuturnya.

Sistem online tersebut, sambung Basuki, juga bisa mendeteksi warga yang tidak memiliki KTP DKI tetapi ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Dia memastikan sistem tersebut mampu mengontrol penggunaan anggaran.

Karena ada kekhawatrian keterlambatan dalam pengesahan APBD 2013, Basuki mengungkapkan penerapan sistem tersebut berpeluang mundur dari rencana awal. Diniatkan bisa dilakukan tepat awal tahun, tapi diprediksi baru bisa dimulai pada Februari 2013.

Dia menjanjikan akan memberikan insentif bagi rumah sakit yang mampu meningkatkan pelayanan kesehatan tingkat tiga mencapai 50%. Pemberian insentif dapat berupa penyediaan peralatan kesehatan yang dibutuhkan.

Untuk menjamin bentuk standar pelayanan tetap baik, Pemprov DKI menjamin akan meningkatkan jumlah puskesmas rawat inap 24 jam sekaligus penambahan rumah sakit daerah. “Kita akan bangun rumah sakit di Jakarta Selatan, juga penambahan kapasitas di Rumah Sakit Koja,” kata Basuki.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Fatia Qanitat

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top