Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CAR FREE NIGHT: Pengusaha Hiburan Siap, Tapi Pengunjung Yang Kerepotan

JAKARTA: Pengusaha tempat hiburan dapat menyesuaikan dengan pelaksanaan car free night atau kawasan bebas kendaraan bermotor di Jl Sudirman-Jl MH Thamrin-Jl Medan Merdeka Barat Jakarta pada 21.00-02.00 WIB untuk perayaan malam tahun baru 2013.
Sekretariat Redaksi
Sekretariat Redaksi - Bisnis.com 22 Desember 2012  |  16:44 WIB

JAKARTA: Pengusaha tempat hiburan dapat menyesuaikan dengan pelaksanaan car free night atau kawasan bebas kendaraan bermotor di Jl Sudirman-Jl MH Thamrin-Jl Medan Merdeka Barat Jakarta pada 21.00-02.00 WIB untuk perayaan malam tahun baru 2013.

Adrian Maelite, Ketua Perhimpunan Pengusaha Rekreasi dan Hiburan Umum DKI Jakarta, mengatakan penutupan jalan protokol dari aktivitas kendaraan bermotor pada malam tersebut diharapkan tidak merepotkan bagi warga yang hendak melakukan perjalanan ke tempat hiburan yang dituju.

"Kami harapkan penutupan jalan protokol itu hanya berlangsung pada pukul 21.00-02.00 WIB, sehingga tidak merepotkan bagi warga yang hendak melakukan perjalanan dengan kendaraannya ke tempat hiburan," katanya di Jakarta hari ini, Sabtu (22/12/2012).

Menurutnya, pengusaha tempat hiburan dan rekreasi siap memenuhi semua aturan yang ditetapkan oleh Pemprov DKI, yang terkait dengan harga tanda masuk, jam operasional hingga jenis hiburan yang disajikan serta artis yang ditampilkan dalam event perayaan malam tahun baru 2013.

Dia mengungkapkan pengusaha kurang bergairah menyambut event perayaan tahun baru 2013, karena pengunjungnya malam tahun baru diperkirakan turun hingga 20% dibandingkan dengan event yang sama pada tahun lalu karena banyak yang pergi ke Singapura atau Malaysia.

"Pengusaha kurang bergairah karena banyak pelanggan dan pengunjung tempat hiburan memilih untuk merayakan malam pergantian tahun baru di Singapura yang menyajikan kegiatan hiburan jauh lebih lengkap," katanya.

Menurutnya, Singapura dan Malaysia secara gencar mempromosikan berbagai paket kegiatan hiburan dan wisata yang cukup lengkap untuk merayakan malam pergantian tahun baru 2013 bersama keluarga, atau dengan kerabat dan teman mereka.

Pilihan mereka tidak berlebihan, lanjutnya, karena biaya wisata dan merayakan tahun baru di Singapura relatif tidak terlalu mahal, baik untuk transportasi maupun akomodasinya, sehingga banyak diminati banyak pengunjung dari Jakarta dan kota besar lain di Indonesia.

Adrian menjelaskan harga tanda masuk tempat hiburan pada acara perayaan malam pergantian tahun baru 2013 di Jakarta ditetapkan paling tinggi Rp3,5 juta per orang untuk kelas nonbintang, dan kelas bintang 5 ditetapkan sebesar Rp7,5 juta sampai dengan Rp15 juta per orang.

Adapun acara hiburannya dimeriahkan dengan penampilan para artis ternama di Ibu Kota, dan diperkirakan tidak ada artis asing yang sebagian besar sudah pulang ke negaranya untuk merayakan hari raya Natal dan tahun baru di kampung halaman mereka.

Pengusaha hiburan tidak berani berspekulasi menghadirkan artis asing yang tarifnya cukup mahal, lanjutnya, karena tidak ada jaminan biaya yang dikeluarkan untuk artis asing dapat ditutup dari penghasilan penjualan tiket acara perayaan tahun baru 2013. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top