Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI ganti seragam dinas PNS dengan pakaian Betawi

JAKARTA: Mulai Januari 2013, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) akan berseragam khas Betawi.Rencananya pakaian tersebut akan dikenakan setiap Rabu menggantikan seragam cokelat PNS. Beberapa model pakaian Betawi

JAKARTA: Mulai Januari 2013, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) akan berseragam khas Betawi.Rencananya pakaian tersebut akan dikenakan setiap Rabu menggantikan seragam cokelat PNS. Beberapa model pakaian Betawi yang dirancang oleh Emma Amalia Agusbisri telah ditunjukkan di hadapan Jokowi pada Kamis (27/12/2012) di Balai Kota, Jakarta."Ada beberapa, warnanya apa, hari besar apa, sedang kita sesuaikan. Setiap Rabu semuanya akan mengenakan pakaian tersebut. Tak terkecuali, gubernur juga," ucap Jokowi.Selain melalui pakaian adat, dia mengungkapkan seluruh nuansa dan karakter Betawi juga akan ditampilkan dalam pelajaran muatan lokal di sekolah, masjid raya, destinasi wisata Setu Babakan, dan seluruh bangunan di DKI Jakarta.Emma yang juga menjabat sebagai Penasihat Badan Musyawarah Betawi mengatakan seragam tersebut khusus dibuat sebagai contoh pakaian PNS."Pak Jokowi meminta dibuatkan pakaian tradisi yang mudah dipakai, tidak panas, dengan ruang gerak yang leluasa. Kita mengembangkan kebudayaan sambil berpartisipasi. Itu tindakan yang positif," jelasnya.Seragam Betawi yang dipamerkan terdiri dari beberapa contoh setelan baju koko untuk laki-laki, dan beberapa contoh setelan baju kebaya untuk wanita, dengan total 14 rancangan.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper