Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI Bantah Ada Pengusaha Relokasi Keluar Jakarta

BISNIS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku bahwa tidak ada pengusaha yang hengkang dari DKI Jakarta karena naiknya Upah Minimum Provinsi."Ndak itu. Itu kata siapa. Saya sudah cek satu-satu," kata Jokowi di Kuningan, Jakarta, Senin

BISNIS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku bahwa tidak ada pengusaha yang hengkang dari DKI Jakarta karena naiknya Upah Minimum Provinsi.

"Ndak itu. Itu kata siapa. Saya sudah cek satu-satu," kata Jokowi di Kuningan, Jakarta, Senin (8/4/2013).

Menurut Jokowi, pengusaha tersebut tidak melakukan relokasi perusahaan, namun ekspansi atau memperluas jaringan perusahaannya di wilayah Indonesia selain Jakarta.

"Kalau ekspansi iya, kalau relokasi kan harus pindahin pabrik dan kantornya," katanya.

Meski begitu, Jokowi mengaku ada beberapa perusahaan yang mengajukan penangguhan karena merasa tidak sanggup membayar upah sesuai dengan UMP Jakarta. "Tapi saya lupa ada berapa perusahaan yang mengajukan penangguhan itu," ujarnya.

Jokowi mengaku bahwa kenaikan UMP DKI Jakarta yang semula Rp1,8 juta menjadi Rp2,2 juta merupakan hasil kesepatan antara tiga pihak yakni pengusaha, sarikat pekerja dengan pemerintah. "Bukan saya yang menentukan (besaran UMP)," tegas Jokowi.

Namun pada saat penentuan UMP pada bulan November lalu, unsur pengusaha yang diwakilii Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) melakukan aksi walk out atau tidak ikut melanjutkan rapat. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper