Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serapan APBD Hanya 18%, Program DKI Mandeg

BISNIS.COM, JAKARTA--Serapan APBD 2013 Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta sangat rendah. Total anggaran sebesar Rp49,9 triliun baru diserap sebesar 18% pada semester pertama tahun ini. Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan serapan anggaran itu sudah
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 27 Juni 2013  |  18:46 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Serapan APBD 2013 Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta sangat rendah. Total anggaran sebesar Rp49,9 triliun baru diserap sebesar 18% pada semester pertama tahun ini.

Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan serapan anggaran itu sudah termasuk anggaran belanja pegawai sehingga serapan untuk program masyarakat masih sangat kecil.

"Ini APBD yang sampai sekarang 18% masih kecil banget, itu sudah plus gaji. Memang programnya belum kelihatan," katanya di Jalan Ampera Kemang Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2013).

Salah satu program yang disoroti oleh Jokowi adalah pengadaan alat pemadam kebakaran terkait pemberdayaan masyarakat di lapangan. Pengadaannya baru bisa dilaksanakan pada September 2013.

"Kebakaran memang belum tergarap dengan baik. Dan alat di lapangan masih proses lelang terutama terkait pemberdayaan di lapangan," imbuh Jokowi.

Alat ini dipakai oleh masyarakat untuk pemadaman pertama atau 'pawang geni' ketika terjadi kebakaran sebelum petugas pemadam kebakaran datang. "September baru diserahkan masyarakat, itu sudah jadi barang," terang Jokowi.

Rendahnya penyerapan anggaran Pemprov DKI bersumber dari lambatnya pengesahan APBD 2013 oleh DPRD. Sehingga diharapkan semester dua baru bisa terealisasi program-program pengadaan barang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi pemadam kebakaran
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top