Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemilihan ABANG NONE JAKARTA Habiskan Rp1,5 miliar

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemilihan Abang dan None (Abnon) Jakarta yang rutin digelar setiap tahun menelan anggaran cukup besar. Untuk pemilihan Abnon 2013 ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menghabiskan anggaran hingga Rp1,5 miiliar
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 02 Juli 2013  |  14:38 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemilihan Abang dan None (Abnon) Jakarta yang rutin digelar setiap tahun menelan anggaran cukup besar.

Untuk pemilihan Abnon 2013 ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menghabiskan anggaran hingga Rp1,5 miiliar yang bersumber dari APBD DKI.

Dana tersebut belum termasuk dukungan dana dari berbagai sponsor yang ikut mendukung pemilihan duta wisata kota Jakarta tersebut.

Anggaran Rp 1,5 miliar tersebut digunakan untuk keseluruhan rangkaian acara mulai dari seleksi tingkat kota hingga provinsi, tulis laman resmi Pemprov DKI, BeritaJakarta.com.

"Yang dikeluarkan dari APBD itu untuk seluruh rangkaian. Mulai dari wilayah, kemudian ada tes psikologi dan tes narkoba, karantina, hingga penjurian," ujar Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Arie mengatakan, beberapa stakeholder yang ikut mensponsori kegiatan ini yaitu PT Jakarta Monorail dan PT Pembangunan Jaya Ancol. "Anggarannya seperti acara-acara lain. Selain dari APBD ada dukungan sponsor untuk hadiah," kata Arie.

Malam final Abnon Jakarta tahun ini, kata Arie, agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Jika pada tahun sebelum malam final Abang None selalu digelar di dalam ruangan, tahun ini akan diadakan di lapangan terbuka.

Malam final pemilihan Abnon Jakarta 2013 yang mengambil tema Abang None di Pesta Rakyat Pasar Gambir akan digelar Rabu (3/7) besok pukul 19.00 di Plaza Monas Sisi Timur.

"Ini baru pertama kali di Monas, sebelumnya kalau outdoor pernah juga di Taman Fatahillah dan Pelataran Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.
Namun Monas baru pertama kali dan kelihatannya bagus karena temanya Pasar Gambir. Itu konsepnya lebih membuka akses kepada masyarakat luas," katanya.

Ajang Pemilihan Abang dan None Jakarta tahun ini diikuti sebanyak 1.854 peserta dari enam wilayah di ibu kota. Jumlah tersebut naik 21,06% dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1.467 peserta.

Proses seleksi telah dilakukan di tahap kota dan kabupaten hingga provinsi sejak 27 hingga 30 Juni 2013. Sebanyak 18 pasang finalis berhak mengikuti malam final Abang None 2013.

Pada Malam Final Pemilihan Abang dan None Jakarta 2013 akan digelar Pesta Rakyat Pasar Gambir di mulai pukul 13.00 hingga 18.00.

Pasar rakyat itu dibuka untuk umum dan setiap pengunjung dapat menikmati tampilan pasar rakyat khas Betawi, seperti kesenian dan kuliner khas Betawi.  (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecantikan abang-none

Sumber : Newswire

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top