Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Langkah Polri Amankan Lebaran 2013

Bisnis.com, JAKARTA —Mabes Polri mengupayakan enam langkah dalam Operasi Ketupat 2013 guna mengamankan situasi selama lebaran tahun ini. Termasuk untuk untuk meminamilisir angka kecelakaan pada saat arus mudik sebelum dan setelah  lebaran

Bisnis.com, JAKARTA —Mabes Polri mengupayakan enam langkah dalam Operasi Ketupat 2013 guna mengamankan situasi selama lebaran tahun ini. Termasuk untuk untuk meminamilisir angka kecelakaan pada saat arus mudik sebelum dan setelah  lebaran 2013.

Pertama, Polri  mengupayakan kesadaran masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. “Hal ini cukup berhasil karena jumlah kecelakaan lalu lintas cukup menurun dibanding dari tahun 2012,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Ronny F. Sompie, Jumat (9/8/2013).

Kedua, mengupayakan mudik bersama sehingga tidak menggunakan sepeda motor. Pasalnya, sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang terlibat banyak kecelakaan di jalanan.

Ketiga, penggelaran upaya personil Polri di sepanjang jalur pantura untuk mengantisipasi rawan kecelakaan, kemacetan, dan kasus keamanan, ketertiban, dan keamanan nasional (Kamtibnas).

Keempat, sistem buka tutup arus lalu lintas di sepanjang jalur arus mudik dan arus balik

Kelima, menindak tegas setiap pelanggaran lalu lintas dengan tindakan 60.15 kali. Menurut Ronny, jumlah itu terdiri dari tilang sebanyak 27.905 kali dan teguran simpatik sebanyak 32.246 kali sampai hari H-1.

Keenam, sinergitas lintas sektoral secara komprehensif dalam melakukan pencegahan kemacetan, kecelakaan, dan kejahatan pidana di sepanjang arus mudik dan arus balik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Winda Rahmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper