Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rute Baru Angkutan Umum di Tanah Abang

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menyesuaikan rute angkutan umum untuk memudahkan pengguna jalan seiring penataan lalu lintas kawasan Tanah Abang sejak 22 Juli 2013. Dalam siaran pers, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menyesuaikan rute angkutan umum untuk memudahkan pengguna jalan seiring penataan lalu lintas kawasan Tanah Abang sejak 22 Juli 2013.

Dalam siaran pers, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menjelaskan  ada beberapa rute angkutan umum baik yang ke pasar Tanah Abang, Metro Tanah Abang, Stasiun Tanah Abang yang jauh berbeda dengan rute sebelumnya.

Penyesuaian rute angkutan umum itu mulai berlaku pada Senin (19/8/2013) mendatang. Meliputi Mikrolet M 09 dan 09a (Kebayoran Lama-Tanah Abang), dan Mikrolet M 11 (Meruya-Tanah Abang), rute yang akan dilintasi di kawasan Tanah Abang mulai dari Jalan KS Tubun-Jembatan Tinggi-Jl Jatibaru-Jl Kebon Jati-Jl KH Mas Mansyur-Simpang Jatibaru-Jl Jatibaru (arah Stasiun Tanah Abang)-Jl Kebon Jati-Jl Jati Bunder-Jembatan Tinggi-Jl KS Tubun.

Mikrolet M 10 (Jembatan Lima-Tanah Abang), akan melewati Jalan Cideng Timur-Simpang Jatibaru-Jl Jatibaru-Jl Fachrudin-Jl KH Mas Mansyur-Simpang Jatibaru-Jl Jatibaru (arah Stasiun Tanah Abang)-Jl Kebon Jati-Jl Jati Bunder-Jembatan Tinggi-Jl Jatibaru-Simpang Jatibaru-Jl Cideng Barat.

Mikrolet M 08 (Kota-Tanah Abang) akan melintasi Jl Abdul Muis-Jl Fachrudin-Jl KH Mas Mansyur-Simpang Jatibaru-Jl Jatibaru (arah Stasiun Tanah Abang)-Jl Kebon Jati-Jl Jati Bunder-Jembatan Tinggi-Jl Jatibaru-Simpang Jatibaru-Jl Abdul Muis.

Untuk APB 03 (Benhil-Roxy) dan APB 03A (Karet-Roxy), untuk yang mengarah ke Roxy, akan melintasi Karet/Benhil-Jl KH Mas Mansyur-Simpang Kebon Jati-Jl Kebon Jati-Jl Jati Bunder-Jembatan Tinggi-Jl Jatibaru-Jl Jatibaru Bengkel-Jl Taman Jatibaru-Jl Citarum. Sebaliknya yang mengarah ke Benhil/Karet, akan melintasi Jl Citarum-Jl Jatibaru-Simpang Jatibaru-Jl Fachrudin-Jl KH Mas Mansyur-Karet/Benhil.

Adapun Angkotan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB), Kopaja, Mayasari, dan PPD akan melintas Jl Kebon Sirih-Jl Fachrudin-Jl KH Mas Mansyur-Simpang Jatibaru-Jl Jatibaru (arah Stasiun Tanah Abang)-Jl Kebon Jati-Simpang Kebon Jati-Jl KH Mas Mansyur-Flyover Cideng-Jl Cideng Barat-berputar ke Jalan Cideng Timur-Simpang Jatibaru-Jl Kebon Sirih.

Selain itu putaran (u-turn) di sepanjang Jl Jatibaru (segmen Jembatan Tinggi sampai Simpang Jatibaru) akan ditutup. Lokasi tersebut selama ini menjadi tempat mangkal bus Kopaja, Mayasari tujuan Bekasi, Blok M, Kampung Rambutan dan lainnya.

Pristono menjelaskan penutupan u - turn dilakukan untuk mengurangi titik penyebab kemacetan. Selama ini putaran digunakan sebagai lokasi angkutan umum berputar, 'mangkal', pangkalan ojek, dan terminal bayangan.

Berdasarkan perubahan rute tersebut artinya hampir semua kendaraan yang menuju Tanah Abang dilewatkan gedung Blok G yang menjadi tempat relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler