Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sewa Pasar di Jakarta Akan Pakai Sistem Harian

Bisnis.com, SURABAYA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menerapkan sistem sewa pasar harian agar pedagang tidak mempermainkan harga.Wakil Gubernur Jakarta Basuki Rjahaja Purnama menguraikan dugaan kartel kebutuhan pokok sulit dibuktikan. Sehingga

Bisnis.com, SURABAYA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menerapkan sistem sewa pasar harian agar pedagang tidak mempermainkan harga.

Wakil Gubernur Jakarta Basuki Rjahaja Purnama menguraikan dugaan kartel kebutuhan pokok sulit dibuktikan. Sehingga ada pemikiran membuat sistem sewa lapak di pasar dengan tarif harian.

"Kami akan beri sapi [pedagang] dari BUMD kalau keuntungan [mereka] lebih [dari yang ditetapkan] maka akan kami usir," jelasnya di sela-sela koordinasi tata niaga daging di Surabaya, Selasa (8/10/2013).

Salah satu alasan rencana itu yakni harga daging di Jakarta bisa mencapai Rp100.000 lebih, sementara di daerah pemasok jauh di bawah itu.

Ahok menguraikan untuk menjamin daging sapi di Jakarta terkendala pasokan. Oleh karena itu ada rencana membuka kerjasama dengan Karawang dan Lampung untuk membangun pusat logistik.

"Kendala kami tidak punya lahan? Apa boleh beli lahan atau lebih baik investasi di provinsi produsen," tambahnya.

Kementerian Pertanian mencatat kebutuhan daging di DKI Jakarta 50.000 ton daging per tahun. Sedangkan di Jawa Barat memerlukan 81.000 ton per tahun dan di Banten 25.000 ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper