Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Segera Miliki Lembaga Penjaminan Kredit Daerah

Lembaga perbankan akan menentukan kelayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKIM) sebelum mendapatkan penjaminan pinjaman dari PT.Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) DKI Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga perbankan akan menentukan kelayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKIM) sebelum mendapatkan penjaminan pinjaman dari PT.Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) DKI Jakarta.

Kepala Biro Perekonomian Pemprov DKI, Adi Ariantara, mengatakan langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa PT.Jamkrida DKI hanya memberikan penjaminan kepada usaha yang layak (feasible), tetapi sulit mendapatkan akses permodalan dari perbankan (non bankable) karena tidak memiliki jaminan.

“Analisis feasibility [kelayakan usaha] kan tergantung banknya. Kalau [bank] melihat risiko gagal bayar, penjaminnya [PT Jamkrida] jelas nggak akan mau,” katanya usai sidang paripurna penyampaian pandangan umum fraksi tentang rancangan peraturan daerah (raperda) pembentukan PT.Jamkrida DKI, Senin (28/10/2013).

Menurutnya, penjaminan kredit yang diberikan kepada UMKM yang tidak feasible hanya akan mendatangkan kerugian pada PT.Jamkrida DKI sehingga keberadaannya justru menjadi beban bagi APBD DKI.

Pasalnya, PT.Jamkrida DKI selaku penjamin wajib menanggung pembayaran kredit macet UMKM selaku debitur kepada pihak perbankan selaku kreditur. Oleh karena itu, Adi menegaskan pelaksanaan Jamkrida bisa sukses jika didukung dengan kesiapan dan niat baik dari UMKM sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper