Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siaga Banjir DKI Siapkan Rp4 Miliar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan akhir Oktober telah memasuki musim hujan. Petugas telah disiagakan termasuk dana APBD 2013 sebesar Rp4 miliar

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan akhir bulan Oktober telah memasuki musim hujan. Petugas telah disiagakan termasuk anggaran dari kantong APBD 2013 sebesar Rp4 miliar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Kukuh Hadi Santoso menegaskan angka tersebut bisa lebih banyak kalau kebutuhan lapangan meningkat. “Dana darurat kita ada Rp4 miliar, kebutuhan bisa ada tambahan dari APBN atau bantuan swasta,” katanya di Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Personel di lapangan disiapkan 2.000 petugas gabungan terdiri Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Damkar, Satpol PP dan Dinas Kesehatan. Pemprov mengklaim semua personel telah mendapat pembekalan pelatihan evakuasi korban khususnya wanita, anak-anak dan lansia.

Kesiapsiagaan ancaman banjir juga dilakukan jajaran TNI yang telah menyiapkan 30.000 personel dalam keadaan tidak beroperasi meliputi kostrad, kopasus, marinir, kopaskhas, kodam jaya. “Mereka standby, kita siap bantu sepenuhnya,” ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko usai bertemu Jokowi di Mabes TNI Cilangkap.

Menurut Moeldoko Pemprov DKI harus menyadarkan masyarakat akan pentingnya buang sampah pada tempatnya. Pasalnya, program bersih kali Ciliwung atas kerjasama TNI dengan Pemprov DKI banyak sekali sampah sebagai pemicu banjir.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan butuh bantuan TNI untuk mendisiplinkan masyarakat buang sampah. “Oleh karena itu kita juga mohon pak panglima agar kita bisa dibantu kawal masyarakat,” pintanya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper