Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Nyopir Truk Sampah

Gubernur DKI Joko Widodo memang suka melakukan aksi yang menarik pewarta foto dan kameramen untuk mengabadikan gambar ketika melakukan launching peremajaan truk sampah.

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Joko Widodo memang suka melakukan aksi yang menarik pewarta foto dan kameramen untuk mengabadikan gambar ketika melakukan launching peremajaan truk sampah.

Mantan Wali Kota Surakarta itu langsung mendatangi salah satu truk arm roll besar yang berjajar di lapangan pacuan kuda Pulomas Jaya Jakarta Timur. Mengenakan baju putih lengan panjang dia naik ruang kemudi lalu menyalakan mesin.

Didampingi teknisi, Jokowi nyopir truk berukuran besar tersebut tanpa kesulitan. Membuka hand rem dan melepas kopling berjalan lancar sepanjang kurang lebih lima meter lalu turun menuju truk lain.

Aksi Jokowi ini membuat para pendokumentasi gambar leluasa mengabadikan acara yang berlangsung meriah tersebut. Ditanya tentang kondisi truk merk Hino FG 235 TI itu, Jokowi memberikan tanggapan bagus. "Truknya bagus, lha baru kok. Yang penting perawatan," katanya, Rabu (11/12/2013).

Dia juga mencoba truk arm roll lebih kecil merk Hino 130 HD Dutro yang berada di baris yang berbeda. Lagi-lagi dia mencoba truk itu dengan jarak yang lebih panjang sekitar 10 meter. Sayangnya dia tidak mengenakan sabuk pengaman meski berada di sebuah lapangan.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin mengatakan pihaknya melakukan peremajaan 92 truk pengangkutan sampah baru yang dilakukan melalui e-purchasing dengan anggaran Rp46,1 miliar.

Sistem pembelian yang sudah didaftarkan ke e-catalog oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) ini lebih irit ketimbang lelang biasa.

"Jika menggunakan lelang biasa hanya dapat 82 unit, namun dengan e -purchasing diperoleh 92 unit dan tersisa anggaran Rp2,9 miliar dikembalika ke kas daerah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper