Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hujan Sejak Pagi, Kali Cikeas Meluap Genangi Rumah Warga

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menginformasikan terjadinya kenaikan debit air Kali Cikeas, Gunung Putri, yang mencapai 40 centimeter akibat hujan sejak pagi hari ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Januari 2014  |  21:21 WIB

Bisnis.com, BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menginformasikan terjadinya kenaikan debit air Kali Cikeas, Gunung Putri, yang mencapai 40 centimeter akibat hujan sejak pagi hari ini.

Kepala Subseksi Logistik BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo di Borog, mengatakan saat ini luapan Kali Cikeas sudah merendam pemukiman warga di Perumahan Vila Nusa I.

"Luapan kali sudah menyebar ke pemukiman warga. Di Perumahan Vila Nusa I air sudah menggenangi rumah warga," ujarnya, Minggu (12/1/2014) malam.

Budi mengatakan BPBD telah mengirim dua regu untuk mengantisipasi banjir agar tidak membahayakan masyarakat.

Hingga saat ini, katanya, ketinggian air di pemukiman warga masih relatif sedang sehingga warga masih bertahan di rumah.

Namun, kata Budi, karena cuaca yan terus diguyur hujan dikhawatirkan ada kenaikan debit air sehingga berpotensi menambah ketinggian genangan.

Budi juga menginformasikan pentingnya masyarakat di bantaran Kali Cikeas waspada karena daerah itu berhubungan langsung ke wilayah Bekasi. Hal itu, katanya, terkait dengan kenaikan permukaan air.

Hujan mengguyur wilayah Kabupaten Bogor sejak pagi secara merata. Selain meluapnya air Kali Cikeas, hujan di kawasan Puncak juga menyebabkan volume air Sungai Ciliwung meningkat.

Laporan dari Bendung Katulampa, ketinggian air sempat mencapai 140 cm pada pukul 16.15 WIB, sedangkan petugas memberlakukan Siaga 3 terkait dengan banjir untuk wilayah hilir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta

Sumber : Antara

Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top