Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bus Transjakarta & BKTB Rusak, Pemeriksaan Berlanjut ke Investigasi

Inspektorat Provinsi DKI Jakarta menyampaikan pemeriksaan atas bus Transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB) yang rusak bisa berlanjut ke tahapan investigasi.
Trans Jakarta, Transjakarta
Trans Jakarta, Transjakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Inspektorat Provinsi DKI Jakarta menyampaikan pemeriksaan atas bus Transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB) yang rusak bisa berlanjut ke tahapan investigasi.

Kepala Inspektorat Pemprov DKI Franky Mangatas Pandjaitan mengatakan inspektorat telah meminta keterangan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI atas proses pengadaan bus Transjakarta dan BKTB yang mengalami kerusakan komponen.

Hasil pemeriksaan tersebut, lanjutnya, akan diserahkan kepada Gubernur DKI Joko Widodo pada Rabu (12/2/2014) siang.

"Kami sudah tanya siapa yang bertanggung jawab dan dishub sudah dimintai keterangan dari pengadaan barang itu," katanya kepada wartawan, Rabu (12/2/2014).

Secara rinci, inspektorat menanyakan berbagai hal terkait standard operation procedure (SOP) pengadaan bus, penanggung jawab pengadaan bus, sampai panitia pengadaan lelang.

Inspektorat menyampaikan bahwa Dishub DKI telah mengakui adanya kerusakan komponen bus Transjakarta dan BKTB baru itu.

Namun sayangnya, Franky enggan mengungkapkan secara detail hasil pemeriksaan instansinya yang akan diserahkan kepada Gubernur DKI.

Dia mengatakan Inspektorat DKI akan terus melakukan pendalaman kasus ini secara hukum sehingga bisa memberikan rekomendasi kepada gubernur untuk mengambil langkah selanjutnya.

“Jadi bisa saja, dari pemeriksaan bergeser ke tindakan investigasi atau pendalaman kasus secara detail dan menyeluruh,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper