Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPPT: Hanya 50% Bus Transjakarta Baru yang Siap Pakai

Dari 170 unit armada bus Transjakarta yang baru dan diawasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hanya 50% yang siap dipakai, sedangkan sisanya masih dalam perbaikan komponen.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 18 Februari 2014  |  15:31 WIB
BPPT tidak hanya melakukan pengujian Transjakarta, namun juga terlibat dalam spesifikasi teknis bus articulated single maupun medium.  - bisnis.com
BPPT tidak hanya melakukan pengujian Transjakarta, namun juga terlibat dalam spesifikasi teknis bus articulated single maupun medium. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dari 170 unit armada bus Transjakarta yang baru dan diawasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hanya 50% yang siap dipakai, sedangkan sisanya masih dalam perbaikan komponen.

Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi BPPT Prawoto mengatakan armada bus yang diperbolehkan jalan harus melalui dua tahap yaitu uji fungsi dan uji tipe.

"Kalau ada sensor pintu yang tidak berfungsi tetap tidak bolehkan beroperasi sampai selesai diperbaiki. Walaupun hanya ada kerusakan kecil tetapi kalau membahayakan di jalan, belum dapat izin untuk beroperasi," ujarnya di kantor BPPT, Selasa (18/2/2014).

BPPT tidak hanya melakukan pengujian Transjakarta, namun juga terlibat dalam spesifikasi teknis bus articulated single maupun medium. "Tipe tabung sekarang menjadi 4 tabung sehingga bisa digunakan dari pagi hingga malam tanpa perlu mengisi saat melayani penumpang," terangnya.

Beban bus yang semula 31 ton sekarang menjadi 26 ton. Pengurangan beban bus ini dilakukan karena jalan di Jakarta hanya sanggup menanggung beban kendaraan 10 ton. "Walauoun berkurang tetap saja jalan Jakarta tidak bisa menahan berat bus Transjakarta," tuturnya.

Terkait dengan harga bus yang terlalu mahal, dia mengungkapkan harga penawaran sementara sudah sesuai dengan aturan yang berdasarkan harga pabrik, biaya kontrak, laju inflasi, jaminan selama 1 tahun atau 100 kilometer, jaminan purna jual, dan jaminan suku cadang asli selama 10 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bppt bus transjakarta
Editor : Fatkhul-nonaktif
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top