Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survey INES: Jokowi Peringkat Keenam, Prabowo Melejit

Lembaga riset "Indonesia Network Election Survey" (INES) menempatkan Gubernur Jakarta Joko Widodo di ranking ke enam, jauh berbeda dengan hasil temua sejumlah lembaga survei lain yang menempatkannya di posisi puncak.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 20 Februari 2014  |  15:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga riset "Indonesia Network Election Survey" (INES) menempatkan Gubernur Jakarta Joko Widodo di ranking ke enam, jauh berbeda dengan hasil temua sejumlah lembaga survei lain yang menempatkannya di posisi puncak.

"Elektabilitas Jokowi terjun bebas akibat janji dia saat Pilgub yang mengatakan masalah banjir dan macet bisa diselesaikan dengan manajemen anggaran, tapi tidak terrealisasi dan tidak ada progres yang jelas," kata Direktur Eksekutif INES Irwan Suhanto dalam paparan bertema "Survei Elektabilitas Parpol dan Capres Jelang Pemilu 2014: Penghakiman Rakyat 'Siapa Menabur Akan Menuai'" di Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Irwan mengatakan dalam hasil survei yang diselenggarakan lembaganya sejak 1-14 Februari 2014 itu, 67%  masyarakat menganggap aksi "blusukan" Jokowi tidak ada hasilnya.

Terlebih lagi kasus pengadaan Bus TransJakarta yang rusak sebelum dipakai, menurut dia, menunjukan minimnya pengawasan dan pengendalian mantan Wali Kota Solo itu.

“Hal ini tergambar dari elektabilitas Jokowi yang hanya 5,6% dalam temuan kami," ungkapnya.

--------------------------------------------------------------------

- Survei Capres: Lagi-Lagi Jokowi, Teratas Pilihan Pemuda

- Survei Capres 2014: Jokowi Lagi-lagi Teratas

- Survei Membuktikan, Jokowi Makin Melambung, Prabowo Menurun

- Survei PCI: Ini Daftar Tokoh Yang Berpotensi Saingi Jokowi

-------------------------------------------------------------------------

Survei dengan metode wawancara mendalam dan pengisian kuesioner itu melibatkan 7.937 sampel warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih dan sudah menikah.  Ada pun "margin of error" sekitar 1,27%  dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil riset yakni elektabilitas Prabowo Subianto melejit di atas Megawati Soekarnoputri yang elektabilitasnya 19,5%, Aburizal Bakrie 11,3%, Dahlan Iskan 6,9%, Wiranto 6,3%, Joko Widodo 5,6%, Hatta Rajasa 2,4%, Jusuf Kalla 2,2%, Surya Paloh 1,7%, Pramono Edhie Wibowo 1,3%, Ani Yudhoyono 1,1% dan Sutiyoso 0,9%.

Survei lembaga riset INES berbeda dengan hasil survei lembaga lain yang menempatkan Jokowi di posisi teratas. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA, misalnya, menempatkan Jokowi di posisi puncak dengan perolehan 38,3% suara. Di LCS Survey, Jokowi memimpin dengan perolehan sebesar 41%. Sementara itu, survei Pusat Data Bersatu (PDB) mencatat elektabilitas Jokowi mencapai 28%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top