Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok: Jika 3 Tahun Monorel Tak Tuntas, Aset Jadi Milik Pemprov DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama minta PT Jakarta Monorail (JM) menuntaskan pembangunan monorel dalam 3 tahun.

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama minta PT Jakarta Monorail (JM) menuntaskan pembangunan monorel dalam 3 tahun.

"Kalau dalam 3 tahun pembangunan monorel tidak selesai, kami akan hentikan mereka (PT JM) dan semua yang sudah dibangun menjadi milik kita," kata Ahok seperti dikutip Antara, Rabu (26/2/2014).

Menurutnya, perjanjian kerja sama sebelumnya antara Pemprov DKI dan PT JM hanya bersifat teknis mengenai pembangunan monorel.

Harus ada aturan yang jelas terkait pemutusan perjanjian kerja sama apabila kesepakatan itu tidak dipenuhi oleh PT JM sehingga tidak merugikan Pemprov DKI.

"Maka dari itu, kami harus buat perjanjian baru dengan PT JM. Kami tidak mau proyek monorel itu mangkrak lagi dan kami tidak mau menjadi pihak yang dirugikan," ujar Ahok.

Dia menuturkan salah satu klausul yang akan ditambahkan di dalam perjanjian baru tersebut, di antaranya jika PT JM tidak berhasil menyelesaikan pembangunan monorel dalam waktu 3 tahun, maka pembangunan akan dihentikan dan bangunan menjadi milik Pemprov DKI.

"Klausul itu akan kita masukkan dalam perjanjian baru, sebagai jaminan atas proyek tersebut. Kalau niat mereka (PT JM) benar, harusnya mereka bisa menyelesaikannya dalam waktu tiga tahun," tutur Ahok.

Dia mengungkapkan pihaknya hanya memberikan waktu tiga tahun kepada PT JM untuk menyelesaikan satu koridor dan waktu toleransi tambahan maksimal 6 bulan.

"Intinya, kita kasih waktu tiga tahun dan toleransi enam bulan. Pembangunannya juga terserah PT JM, mau bangun green line atau blue line lebih dulu," ungkap Ahok.

Terdapat dua koridor yang dijanjikan akan dibangun oleh PT JM, yaitu green line dan blue line. Jalur Green Line, yakni Semanggi-Casablanca-Kuningan-Sudirman-Karet-Semanggi.

Adapun jalur Blue Line adalah Kampung Melayu-Casablanca-Karet-Tanah Abang-Roxy-Mall Taman Anggrek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler