Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahok: Jika 3 Tahun Monorel Tak Tuntas, Aset Jadi Milik Pemprov DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama minta PT Jakarta Monorail (JM) menuntaskan pembangunan monorel dalam 3 tahun.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 26 Februari 2014  |  14:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama minta PT Jakarta Monorail (JM) menuntaskan pembangunan monorel dalam 3 tahun.

"Kalau dalam 3 tahun pembangunan monorel tidak selesai, kami akan hentikan mereka (PT JM) dan semua yang sudah dibangun menjadi milik kita," kata Ahok seperti dikutip Antara, Rabu (26/2/2014).

Menurutnya, perjanjian kerja sama sebelumnya antara Pemprov DKI dan PT JM hanya bersifat teknis mengenai pembangunan monorel.

Harus ada aturan yang jelas terkait pemutusan perjanjian kerja sama apabila kesepakatan itu tidak dipenuhi oleh PT JM sehingga tidak merugikan Pemprov DKI.

"Maka dari itu, kami harus buat perjanjian baru dengan PT JM. Kami tidak mau proyek monorel itu mangkrak lagi dan kami tidak mau menjadi pihak yang dirugikan," ujar Ahok.

Dia menuturkan salah satu klausul yang akan ditambahkan di dalam perjanjian baru tersebut, di antaranya jika PT JM tidak berhasil menyelesaikan pembangunan monorel dalam waktu 3 tahun, maka pembangunan akan dihentikan dan bangunan menjadi milik Pemprov DKI.

"Klausul itu akan kita masukkan dalam perjanjian baru, sebagai jaminan atas proyek tersebut. Kalau niat mereka (PT JM) benar, harusnya mereka bisa menyelesaikannya dalam waktu tiga tahun," tutur Ahok.

Dia mengungkapkan pihaknya hanya memberikan waktu tiga tahun kepada PT JM untuk menyelesaikan satu koridor dan waktu toleransi tambahan maksimal 6 bulan.

"Intinya, kita kasih waktu tiga tahun dan toleransi enam bulan. Pembangunannya juga terserah PT JM, mau bangun green line atau blue line lebih dulu," ungkap Ahok.

Terdapat dua koridor yang dijanjikan akan dibangun oleh PT JM, yaitu green line dan blue line. Jalur Green Line, yakni Semanggi-Casablanca-Kuningan-Sudirman-Karet-Semanggi.

Adapun jalur Blue Line adalah Kampung Melayu-Casablanca-Karet-Tanah Abang-Roxy-Mall Taman Anggrek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek monorel pernyataan ahok
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top