Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PASAR SENEN TERBAKAR: Ini Taksiran Kerugian

Total kerugian akibat kebakaran di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014), ditaksir mencapai lebih dari Rp100 miliar.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 April 2014  |  15:49 WIB
Jokowi saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat. - Antara
Jokowi saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kebakaran yang terjadi di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat diperkirakan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Total kerugian akibat kebakaran di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014), ditaksir mencapai lebih dari Rp100 miliar.

"Kami memperkirakan kerugian lebih dari Rp100 miliar karena tiap pedagang dapat numpuk modal di atas Rp200 juta per kios dan ada lebih dari dua ribu kios yang terbakar," kata Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, Abdullah Mansuri, di Pasar Senen Jakarta.

Mansuri mengatakan, kebakaran yang menghanguskan lebih dari dua ribu kios di Blok III Pasar Senen itu merupakan kebakaran kedua yang pernah terjadi dan kebakaran pada Jumat pagi merupakan yang terbesar.

"Sebelumnya ada wacana revitalisasi Pasar Senen sehingga patut diduga ada kebuntuan atas wacana revitalisasi itu meski sebagian pedagang pasar ini setuju untuk direvitalisasi," kata Mansuri.

Para pedagang Pasar Senen, lanjut Mansuri, berharap Pemerintah Provinsi DKI memberikan bantuan secara nyata dan cepat baik berupa bantuan tempat berdagang, bantuan psikologis, dan ataupun pendataan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Subejo, mengatakan hampir seluruh kios di blok III Pasar Senen terbakar karena terdapat banyak materil tekstil.

"Pemicunya adalah konrsleting arus listrik. Informasi api berawal dari lantai satu yang sebagian besar berisi tekstil," kata Subejo.

Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan 43 unit mobil pemadam kebakaran dengan 28 unit mobil pompa air.

Kendaraan pemadam yang dikerahkan antara lain berasal dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, serta kendaraan bantuan operasi.

"Kami terkendala intensitas air yang kurang dan lalu lintas padat, selain banyak bahan yang mudah terbakar dan sejumlah kios yang memang belum dibuka. Semoga api tidak menyebar ke blok sebelahnya," kata Subejo.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Dwi Priyatno, mengatakan, sebanyak 600 personel Polda Metro Jaya diturunkan untuk mengamankan kondisi di sekitar Pasar Senen.

"Ada enam saksi yang akan kami periksa," kata Kapolda Metro Jaya.

Pasar Senen terbakar sejak pukul 04.20 WIB. Hingga pukul 14.50 WIB asap hitam masih mengepul dari blok III Pasar Senen Jakarta Pusat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar senen
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top