Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Siswa SMP Drop Out, Ini Kata Jokowi

Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2014 menjadi perhatian Gubernur DKI Jakarta karena pendidikan menjadi hak konstitusi warga. Akan tetapi masih banyak anak sekolah, khususnya di Jakarta, yang terpaksa drop out dengan berbagai alasan.

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2014 menjadi perhatian Gubernur DKI Jakarta karena pendidikan menjadi hak konstitusi warga. Akan tetapi masih banyak anak sekolah, khususnya di Jakarta, yang terpaksa drop out dengan berbagai alasan.

Jokowi berpendapat ada dua hal penting yang harus diperkuat oleh pemerintah agar masyarakat mendapatkan layanan pendidikan. Pertama, melihat langsung di lapangan terkait masih ada tidaknya anak yang drop out dan yang kedua masalah kualitas.

"Apakah masih SMP sudah ada yang drop out atau tidak, itu jangan dipikir tidak ada. Di Jakarta aja masih banyak sehingga harus disisir sehingga akses terhadap layanan pendidikan betul-betul diberikan pemerintah dan negara," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Adapun masalah kualitas, Jokowi menggarisbawahi baik itu guru tetap maupun honorer wajib meningkatkan kualitas mengajar. Bagi instansi pendidikan juga perlu meningkatkan kualitas kurikulum.

Pemprov DKI telah meluncurkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang merupakan program andalan Jokowi-Ahok ketika kampanye Pilkada 2012. Bagi siswa yang drop out berhak dilindungi dengan program itu dengan segala macam keperluannya.

Anak sekolah, lanjut Jokowi, tidak bisa dengan hanya mendapatkan program pendidikan gratis pasalnya masih banyak kebutuhan yang harus ditanggung orang tua seperti seragam dan perlengkapan sekolah.

"Jangan dipikir pendidikan gratis bisa menyelesaikan masalah. Itu masih ada urusan baju, urusan buku urusan sepatu. Urusan transportasi itu biaya yang tidak kecil. Itu benar-benar yang konkrit yang harus diperhatikan dan dibutuhkan masyrakat," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper