Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JADWAL KA: Frekuensi KRL Ditambah Mulai 1 Juni

Frekuensi perjalanan Kereta Rel Listrik di Jabodetabek bakal bertambah seiring penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api yang berlaku 1 Juni 2014.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 27 Mei 2014  |  00:57 WIB
 Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Frekuensi perjalanan kereta rel listrik di Jabodetabek bakal bertambah seiring penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api yang berlaku 1 Juni 2014.

Direktur Operasional PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Apriyono Chrestanto mengatakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 Juni 2014 akan menambah jumlah perjalanan menjadi 645 perjalanan dibandingkan pada 2013 yakni sebanyak 589 perjalanan.

“Peningkatan ini terjadi karena pada jam sibuk, yakni di pagi dan sore hari, semua rel di Jabodetabek bisa dimaksimalkan karena kereta jarak jauh sudah masuk Jakarta sebelum jam sibuk,” katanya, Senin (26/5/2014).

Dia melanjutkan, 645 perjalanan kereta itu dilakukan dengan mengeoperasikan 56 loop atau ritase yang dilayani dengan 56 rangkaian kereta. Alokasi armada terbesar masih diperuntukkan bagi lintas Bogor/Depok dengan 33 rangkaian kereta dengan total perhari mencapai 294 perjalanan.

Sementara itu untuk lintasan Bekasi, menurutnya dilayani sembilan rangkaian kereta dengan total perjalanan sebanyak 117 kali. Untuk lintasan Serpong, menurutnya dilayani oleh delapan rangkaian kereta untuk 104 perjalanan perhari.

“Sedangkan lintas Tangerang ada tiga rangkaian yang melakukan 62 perjalanan,” tambahnya.

Dia menambahkan PT KCJ juga mengoperasikan tiga rangkaian kereta non-komersial (feeder) yang melakukan 68 perjalanan perhari dan melayani rute Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Kampung Bandan-Jakarta Kota dan Kampung Bandan-Jakarta Kota.

Humas PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan selain penambahan jumlah perjalanan, kapasitas angkut pada beberapa rangkaian KRL khususnya di lintas Bogor-Jakarta Kota juga akan bertambah. Hal ini karena pada lintas tersebut mulai Juni 2014 PT KCJ akan mengoperasikan sembilan rangkaian seri 205 yang memiliki formasi 10 kereta di setiap rangkaian.

“Hal ini bisa menambah daya angkut sekitar 25% dibandingkan rangkaian yang memiliki formasi delapan kereta,” paparnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk mengikuti jadwal terbaru yang akan diumumkan di setiap stasiun sebagai konsekuensi logis dari penambahan perjalanan commuter line.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl jabodetabek
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top